AKSI JUMANTIK DI KEDIRI CEGAH PENYAKIT DB

RZ_jumantikKEDIRI. Beberapa bulan lalu penyakit Demam Berdarah menyerang warga RW X di Kelurahan Dandangan. Kejadian tersebut membuat resah masyarakat. Mengantisipasi Demam Berdarah agar tidak terulang kembali, di  RW X, Rumah Zakat cabang Kediri dan Puskesmas Balowerti membentuk Juru Pemantau Jentik (Jumantik) dengan pendampingan dari Cita Sehat Foundation.

Jumantik ini bertugas memeriksa lingkungan di 4 RT, RW X Kelurahan Dandangan. Jumantik tersebut sudah beraksi memantau jentik dibantu relawan Rumah Zakat, Jumat (5/7). Jumantik ini diambilkan dari warga di masing-masing RT. Mereka akan selalu bertugas memantau jentik setiap hari Jumat. Mengawali acara pemantauan jentik, Rumah Zakat cabang Kediri menyerahkan bantuan berupa senter sebagai alat penerangan pemantau jentik.

Selanjutnya jumantik dan relawan Rumah Zakat diberi pengarahan oleh Program Head Cita Sehat Foundation tentang cara pemantau jentik. “Jumantik ialah juru pemantau jentik yang bertugas memeriksa genangan-genangan air di dalam maupun di luar rumah, menemukan larva di dalam tempat-tempat yang dapat menampung air dan mengajak pemilik rumah untuk berpartisipasi dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara teratur,”  jelasnya.***

Newsroom/Derajat Prasojo
Kediri

Tags :
Konfirmasi Donasi