AKSI KOJAB DAN RUMAH ZAKAT BERBAGI SETIAP JUMAT

AKSI KOJAB DAN RUMAH ZAKAT BERBAGI SETIAP JUMATASAHAN, Jumat, (24/02) Penarik becak atau becak motor merupakan profesi alternatif yang dipilih oleh masyarakat Asahan sebagai solusi menghindarkan diri dari menganggur. Hal ini karena penggunaan becak atau becak motor masih besar peminatnya di kalangan masyarakat selain efisien juga bisa mengantarkan penumpang sampai ke tempat tujuan dengan cepat dan aman.

Komunitas Jumat Berbagi (KOJAB) sebagai wadah anak muda dalam mengekspresikan bakat sosialnya, di dalam komunitas tersebut juga termasuk Relawan Inspirasi RZ, turut andil dalam mencari solusi bagi para profesi tukang becak ini.

Sejak dibentuk bulan November 2016 hingga sekarang, komunitas Jumat berbagi atau disingkat dengan KOJAB telah melakukan aksi sosial berbagi makan siang kepada para profesi becak atau becak motor.

Dana yang didapat dari para donatur dipakai KOJAB membagikan makan siang kepada tukang becak dengan syarat mereka harus membacakan 1 surah dalam Juz Amma, tujuannya supaya para tukang beca timbul rasa cintanya kepada Al-Quran. Alhasil banyak dari para tukang becak yang akhirnya semangat menghafal dan rajin beribadah.

Bahkan buah dari kegiatan KOJAB ini adalah terbentuknya pengajian 2 Mingguan yang diperuntukkan untuk para tukang becak sehabis sholat zuhur di Mesjid Raya jalan Imam Bonjol Kisaran yang dalam pengajian tersebut fokus membahas hukum fiqh.

“Tidak hanya aksi berbagi makan siang di hari Jumat, KOJAB saat ini sedang merancang pembentukan Koperasi Abang Becak, Serikat Kemalangan Abang Becak, Asuransi Abang Becak, dan Permodalan Usaha untuk Abang Becak,” Ujar salah satu Relawan Inspirasi Rumah Zakat

Newsroom/Rico Ayatul Yuza

Asahan

 

Tags :
Konfirmasi Donasi