AKSI MOBIL SEHAT PGN MEDAN DI DESA PAYA BAKUNG

MEDAN. Aksi Mobil Sehat PGN pekan ketiga di bulan Oktober 2011 ini dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2011 di Dusun Peringgan Desa Paya Bakung, Kecamatan Hamparan Perak.

Dusun yang mayoritas penduduknya bersuku Jawa ini tentunya daerah yang dialiri pipa Gas Negara serta merupakan dusun yang terpencil. Terpisah dari dusun lainnya karena letak geografisnya yang berada di tengah di antara perkebunan tebu di Desa tersebut. Karena kondisi lokasi nya yang terpencil lokasi ini cukup jauh dari akses layanan kesehatan. Hal inilah yang menjadi pertimbangan pemilihan lokasi ini sebagai lokasi aksi sesuai rekomendasi dan kesepakatan dengan pihak Perusahaan Gas Negara.

Adapun layanan yang diberikan meliputi pemeriksaan kehamilan dan USG, pemeriksaan kesehatan bayi, balita dan pemberian makanan tambahan, pemeriksaan kesehatan umum dan gigi serta penyuluhan kesehatan. Untuk memberikan layanan ini, Tim Aksi Mobil Sehat PGN terdiri dari 1 dokter SpOG, 1 dokter gigi, 3 dokter umum, 2 perawat, 1 bidan, 2  apoteker, 2 relawan dan 1 driver ditambah lagi partisipasi dari kader posyandu setempat.

Aksi Mobil Sehat PGN ini diawali dengan penyuluhan kesehatan tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) oleh dr. Muhammad Zulfkri. Dalam aksi inimelayani 207 orang penerima manfaat.

Aksi kali ini disambut antusias oleh masyarakat khususnya kaum ibu yang memeriksakan balita dan kesehatannya. Berbeda dengan lokasi-lokasi sebelumnya, di Dusun Peringgan ini tingkat fertilitas nya rendah, sebagian besar ibu mengalami infertilitas sekunder (lama memiliki anak setelah kelahiran anak pertama). Bisa dikatakan pelaksanaan KB di daerah ini telah berjalan dengan baik.

“Saya merasa senang ada layanan kesehatan gratis seperti ini, saya bisa memeriksakan kedua anak saya. Layanan yang diberikan kepada saya dan anak saya juga sangat bagus. Saya ucapkan terimakasih pada bapak dan ibu dari Perusahaan Gas Negara dan Rumah Zakat. Semoga ada lagi kegiatan seperti ini disini”, ujar Emi (26) seorang ibu rumah tangga yang menjadi salah satu penerima manfaat dalam aksi kali ini. ***

Newsroom
/Firdha Fitria Sitorus

Medan

Tags :
Konfirmasi Donasi