AKSI PEMERIKSAAN GOLONGAN DARAH DI SDN 35 KARYA BARU SAMARINDA

RZ GOLONGAN DARAH2SAMARINDA. RZ cabang Samarinda menggelar aksi Pemeriksaan Golongan Darah, di SDN 35 Karya Baru Samarinda, Sabtu (11/1). Sasaran pemeriksaan adalah seluruh siswa dan siswi serta para guru yang belum pernah melakukan pemeriksaan golongan darah.

Ketidaktahuan siswa dan guru terhadap golongan darah menjadi perhatian dalam pelaksanaan pemeriksaan ini. Kebanyakan mereka hanya menerka-nerka saja golongan darah masing-masing. Lagipula untuk melakukan pemeriksaan ke pusat layanan kesehatan masyarakat masih memerlukan biaya sehingga ada keengganan dari orangtua untuk memeriksakan golongan darah anaknya.

Kegiatan yang dipandu oleh guru olahraga, Erliana disambut dengan antusias oleh para siswa, rasa takut dengan jarum suntik membuat beberapa anak menangis.  Tetapi tidak menyurutkan rasa penasaran mereka untuk segera melakukan pemeriksaan dengan menyerahkan jari untuk diambil sampel darahnya.

Hasil dari pemeriksaan ini didapatkan mayoritas siswa memiliki golongan darah O, diikuti golongan darah B, A dan AB. Selain itu, para siswa juga mendapatkan leaflet berisi informasi tentang golongan darah untuk meningkatkan pengetahuan mereka. “Terimakasih RZ atas digelarnya aksi kesehatan ini, semoga RZ dapat menggelar lagi aksi seperti ini,” pungkas Kepala Sekolah Sunar Muda.***

Newsroom/Eni Ayu Sulistyowati
Samarinda

Tags :
Konfirmasi Donasi