AKSI SIAGA SEHAT DOKAR SITE DUSUN KRAJAN

RZ LDKO CilegonYOGYAKARTA. Aksi siaga sehat dokar site (dokter keliling antar site) MTT Regional jateng dan DIY kali ini bertempat di wilayah Site karang asem dusun krajan RT07/01 Kel Tegal rejo, kec Wirosari kab Grobogan, Jateng. Minggu (31/05). Setelah menempuh perjalanan 5 jam dari Semarang karena melalui banyak jalan yang di cor beton dan jalan yang berlika-liku, akhirnya tim kesehatan sampai di lokasi Dokar’s.

Begitu tiba di lokasi, tim langsung mempersiapkan peralatan di tempat yang telah disediakan. Sementara itu tenda dan kursi sudah dipersiapkan oleh relawan dari warga. Pukul 09.30 acara pun di mulai. Warga yang semula datang sedikit, tak lama kemudian satu per satu memenuhi tempat yang di persiapkan.

Dalam sambutan acara, pihak MTT Regional Jateng & DIY yang diwakili oleh Andrie Budiyadi menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada pak Lurah, pak RT, pak RW serta warga yang telah datang di acara dokar site dan menegaskan bahwa kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis ini dananya dari dana zakat, infaq dan sedekah karyawan muslim telkomsel yang dikumpulkan tiap bulan dan di salurkan dalam bentuk kegiatan baksos seperti saat ini.

Sementara itu sambutan dari warga kelurahan tegal rejo disampaikan oleh Suhadi yang menjabat sebagai lurah di wilayah tersebut. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terimakasihnya kepada Telkomsel dan Majelis Ta’lim Telkomsel yang telah peduli kepada warganya terutama yang berada di sekitar site.

Setelah sambutan selesai, dari dokter menyampaikan penyuluhan deangan tema Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang hari pelaksanaannya jg bersamaan dengan aksi dokar site kali ini, yaitu tanggal 31 mei. Pada kesempatan tersebut dokter doni menyampaikan bahaya dari bahan pembuat rokok. Dimana salah satu akibatnya adalah di bagian leher bawah bisa berlubang. Jadi lebih baik hindari rokok dan mulai dengan hidup sehat dengan berolahraga.

Sesudah penyuluhan berakhir, moderator acara memberitahukan alur pemeriksaan dan pengobatan gratis ini. Serta mempersilakan bagi warga yang telah hadir untuk mendaftar di meja pendaftaran yang telah di sediakan.Dan acara dokar site pun di mulai.

Warga yang semula tertib dalam mendaftar, karena takut tidak kebagian maka banyak yang menggerombol di tempat pendaftaran. Panitia pun dengan sigap menyampaikan kepada warga yang bergerombol bahwa mereka akan dilayani jadi tidak perlu berebutan.

Lambat laun warga pun menurut. Sementara itu bagi orang tua yang membawa anak akan diberi PMT (Pemberian Makanan Tambahan) yang berisi susu botol dan roti. Warga juga bisa cek tensi, cek gula darah, kolesterol dan asam urat secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Bermacam keluhan penyakit dari yang ringan sampai yang berat mereka sampaikan ke tim kesehatan. Ada juga yang sekedar minta vitamin atau konsultasi kesehatan. Aksi pemeriksaan dan pengobatan gratis kali ini di tutup pukul 12.30 dengan memperoleh 116 warga sebagai penerima manfaatnya. Adapun aksi dokar site yang di Grobogan merupakan yang ke 6 (enam), setelah 5 kota yang dikunjunginya yaitu : semarang, Yogyakarta, Rembang, Jepara, Wonogiri.***

Newsroom/Susilowati
Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi