AKSI SIAGA SEHAT MAJELIS TAKLIM TELKOMSEL – RZ DIGELAR DI KALIMANTAN

AKSI SIAGA SEHAT MAJELIS TAKLIM TELKOMSEL - RZ DIGELAR DI KALIMANTANKUTAI. Kesehatan merupakan anugerah yang sangat berharga diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya. Menjaga kesehatan adalah tanggung jawab setiap individu dalam menjaga amanah yang dianugerahkan oleh Allah SWT. Di era yang sudah berkembang ini, tempat pelayanan sangat mudah diakses khususnya masyarakat di perkotaan. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan apa yang dirasakan oleh masyarakat pinggiran perkotaan.

Masyarkat ini sebagian memiliki latar belakang pendidikan dan ekonomi yang rendah. Hal ini yang menjadi salah satu penyebab masyarakat memiliki akses yang kurang terhadap fasilitas kesehatan sehingga angka kesakitan menjadi lebih besar.

Oleh karena itu, sebagai bentuk kepeduliannya, Majelis Taklim Telkomsel (MTT) regional Kalimantan menggandeng RZ Balikpapan untuk mengadakan pemeriksaan dan pengobatan gratis dalam kegiatan Siaga Sehat MTT yang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat. Melalui program ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang kurang mampu untuk mendapatkan fasilitas kesehatan yang dibutuhkan.

Program Siaga Sehat Majelis Taklim Telkomsel (MTT) telah dilaksanakan pada hari Ahad (08/05) di Masjid Nurul Falah RT 012 Kelurahan Karya Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Wilayah ini merupakan daerah pinggiran Kabupaten Kutai Kartanegara yang cukup jauh dari pusat kota yaitu sekitar 2 jam perjalanan darat.

Daerah ini memiliki penduduk dengan taraf ekonomi menengah ke bawah. Sebagian besar warga bermata pencaharian sebagai petani dan buruh harian lepas. Warga di wilayah ini memiliki akses yang cukup sulit dalam mendapatkan fasilitas kesehatan dikarenakan kurangnya kesadaran warga terhadap kesehatan dan ketidakmampuan secara ekonomi.

Program ini berupa penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan (pengukuran tekanan darah, asam urat, gula darah dan kolesterol) oleh paramedis, pemeriksaan dan pengobatan dokter, pemberian obat, serta pemberian makanan tambahan.

Jumlah penerima manfaat dalam kegiatan sebanyak 129 orang yang terdiri dari 68 perempuan dan 61 laki-laki.  Berdasarkan kategori usia, penerima manfaat terdiri dari balita sebanyak 8 orang, anak-anak sebanyak 18 orang, dewasa sebanyak 80 orang dan lansia sebanyak 23 orang.

“Alhamdulillah MTT dan RZ mengadakan pemeriksaan dan pengobatan gratis disini. Saya senang sekali, tadi sudah diperiksa oleh dokter dan dapat obat juga. Terima kasih MTT dan RZ.” ucap Ambo Upe (70), salah satu penerima manfaat Siaga Sehat MTT ini.

Newsroom/Nur Shyfa
Kutai

Tags :
Konfirmasi Donasi