AKSI SIAGA SEHAT PT PII BERSAMA RZ JANGKAU DAERAH KUMUH KOTA

RZ LDKO CilegonJAKARTA. PT. Penjamin Infrastruktur Indonesia kembali menggandeng RZ dalam program Siaga Sehat. Kali ini (23/03) kebermanfaatan dirasakan oleh masyarakat Kampung Jati, Kelurahan Jatinegara Kaum, Jakarta Timur. Kegiatan yang dilaksanakan pada program ini berupa pemeriksaan kesehatan secara umum yang termasuk di dalamnya penyuluhan kesehatan, pengobatan, pengecekan metabolik, dan pemberian makanan tambahan untuk balita dan anak-anak.

Tercatat sebanyak 363 orang menerima manfaat dalam layanan Siaga Sehat ini. Kegiatan tersebut dirangkai dalam satu event yang dilakukan di lokasi yang sudah disepakati oleh pejabat setempat yaitu ketua RW dan kader setempat.

Semua kegiatan ini dilaksanakan ditengah pemukiman penduduk yang cukup padat. Lokasi kegiatan ini termasuk di wilayah pinggiran perkotaan, terletak persis dipinggir kali dan daerahnya rawan banjir. Tingkat pendidikan di semua lokasi tersebut rata-rata hanya SMP. Mayoritas penduduk bekerja sebagai buruh dan karyawan swasta. Dan fasilitas kesehatan dasar yang ada terlampau jauh dari pemukiman warga. Sehingga masyarakat sangat membutuhkan layanan kesehatan ini. Sehingga masyarakat lebih mudah mendapatkan akses pelayanan kesehatan gratis.

Masyarakat sangat senang dengan adanya layanan pengobatan ini. 10 jenis penyakit yang banyak diderita warga antara lain penyakit Hipertensi, Diabetes Melitus tipe 2, osteoarthritis, hiperurisemia, ISPA, Dispepsia, Dermatitis impetigenisata, reumatitis arthroid, neuropati perifer, dan Asthma.

Antusiasme masyarakat terhadap kegiatan ini sangatlah baik. Selain itu layanan kesehatan yang diberikan juga sangat membantu keluarga para penerima manfaat yang memiliki keterbatasan dalam mengakses biaya kesehatan keluarganya.

“Dilatarbelakangi hal tersebut, menjadi harapan kami jika Layanan kesehatan masyarakat siaga sehat PT. PII ini dapat terus dilaksanakan terutama di wilayah-wilayah dengan akses layanan kesehatan yang sulit sehingga semakin banyak warga kurang mampu yang terbantu,” pungkas Susilowati selaku Project Monev Leader RZ.***

Newsroom/Diki Taufik
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi