AKTIVITAS VULKANIK GUNUNG AGUNG MASIH TINGGI, 1.259 JIWA MENGUNGSI

BALI. Aktivitas vulkanik gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali menunjukkan aktivitas tinggi. Indikasi pergerakan magma ke permukaan terus berlangsung, sehingga menyebabkan gempa vulkanik sering terjadi.
.
“Sejak pukul 06.00-12.00 kemarin, Pos Pengamat Gunung Api Agung merekam 144 kali gempa vulkanik dan 10 kali gempa vulkanik dangkal,” ungkap Bagas, Relawan Rumah Zakat.

Meskipun status gunung Agung masih siaga, dan pemerintah setempat belum menginstruksikan warga untuk mengungsi, namun aktivitas vulkanik yang terus berlangsung membuat warga berinisiatif untuk mengungsi. Data sementara dari Pusdalops BPBD Bali, sekitar 1.259 jiwa telah mengungsi.

Inisiatif warga ini dikarenakan kewaspadaan mereka, mengingat letusan gunung Agung terakhir di tahun 1963 lalu menyebabkan 1.148 orang meninggal dan 296 terluka. “Warga berusaha waspada agar jika letusan besar kembali terjadi, tidak ada korban jiwa,” ujar Bagas.

Sejak hari Kamis kemarin (21/09), Relawan Rumah Zakat tergabung sebagai tim Advance telah berada di lokasi dan berkoordinasi dengan BPBD setempat mengenai kondisi aktivitas Gunung Agung, selain itu para relawan juga melakukan pendataan, pendirian tenda untuk pos pengungsian, support untuk dapur umum dan support pendirian Posko Komando.

“Saat ini kebutuhan bantuan yang dibutuhkan para pengungsi adalah barang- barang logistik, dapur umum
dan alat transportasi” ujar Bagas.

Newsroom / Lailatul Istikhomah
Bali

Tags :
Konfirmasi Donasi