AKU SEHAT, AKU HEBAT

RZ_kediri_HKs2KEDIRI. Rumah Zakat cabang Kediri dan Cita Sehat foundation bekerjasama dengan MI Negeri Semampir menggelar lomba mewarnai di Kecamatan Kota, Selasa (16/4). Bertepatan dengan bulan kampanye Kesehatan Sedunia sekitar 160 anak ikut lomba mewarnai dengan tema “Aku Sehat, Aku Hebat”.

Acara yang digelar di MI Negeri Semampir ini cukup menarik perhatian pengunjung. Pelepasan puluhan balon warna-warni oleh Kepala Kementerian Agama Kota Kediri membuat Susana semakin meriah. Tidak hanya itu, penampilan seni bela diri anak dengan kelihaiannya beraktraksi membuat peserta lomba dan orangtua pendamping terpukau. Tak kalah menarik, ketika anak-anak sedang mewarnai, orangtua atau guru pendamping dimanjakan dengan pelayanan kesehatan gratis yakni pengukuran tekanan darah dan konsultasi. Sesuai dengan tema Perinagatan Hari Kesehatan Sedunia tahun ini “Kontrollah Tekanan Darah Anda”.

Anak-anak lomba mewarnai, orangtua melakukan cek tekanan darah sambil menunggu anaknya. Mereka juga diberi masker dan media edukasi berupa brosur bahaya merokok dan air sebagai bahan bacaan. Lomba ini diikuti oleh TK se-Kota Kediri. Ada 6 piala yang diperebutkan peserta yakni Juara I, Juara II, Juara III, Juara Harapan I, Juara Harapan II, dan Juara Harapan III.

Menurut  Program Head di Cita Sehat Foundation Kediri, Derajat Prasojo, sosialisai semacam ini sebagai bentuk pencegahan dini hipertensi (tekanan darah tinggi) yang dapat mengakibatkan penyakit stroke. “Hipertensi bisa dicegah sejak awal. Bagi yang sudah terkena hipertensi, kami hanya bisa menyarankan dan sebaiknya segera berobat ke tempat layanan kesehatan”

Lomba mewarnai ini sebagai bentuk kampanye sadar kesehatan sejak dini. Hartati orangtua yang mendampingi anaknya mengikuti lomba sangat mengapresiasi pelayanan kesehatan dari Rumah Zakat. Menurutnya, tidak ada kata terlambat untuk belajar mengenai kesehatan “Jangan sampai anak-anak kita sakit di masa mendatang karena orangtua yang awam terhadap kesehatan”.*** Newsroom/Derajat Prasojo Kediri

Tags :
Konfirmasi Donasi