ANAK TAKUT MATAHARI BIASANYA AKAN RABUN JAUH

Para peneliti di Australia  mengatakan anak-anak banyak yang “takut” akan sengatan sinar matahari, yang akibatnya membuat semakin banyak yang mengalami rabun jauh.

Menurut laporan ABC, Australia terkenal sebagai negara yang memiliki begitu banyak fasilitas dan kebiasaan untuk melakukan kegiatan di luar rumah, namun semakin banyak anak-anak yang menghabiskan waktu di dalam rumah atau di dalam ruangan.

Ahli mata Amanda French dari Universitas Sydney mengatakan dalam sebuah konprensi kesehatan di Hobart (Tasmania)  bahwa terjadi peningkatan 20 persen penderita rabun jauh dalam peneltian mereka terhadap anak-anak dalam 10 tahun terakhir.

French mengatakan bahwa peringatan mengenai tingkat UV (tingkat radiasi sinar matahari) penting untuk dilakukan, namun dalam waktu yang bersamaan anak-anak juga perlu terkena sinar matahari di luar.

“Yang kami temukan adalah bahwa kurangnya anak-anak bermain di luar bisa mempengaruhi perkembangan mata mereka karena bisa mengidap rabun jauh.” kata French.

“Karena kita memberikan peringatan akan bahaya tingkat UV yang tinggi, ini membuat anak-anak jadi takut untuk bermain di luar.”

Para peneliti mengatakan bahwa mereka tidak menggugat adanya resiko kesehatan berhubungan dengan tingkat radiasi sinar matahari, namun mengatakan bahwa manfaat sinar matahari bagi tubuh juga perlu dipertimbangkan.

Mereka menyarankan agar anak-anak dianjurkan bermain di luar ruangan namun mengikuti petunjuk dari Dewan Kanker Australia mengenai perlunya mengenakan pakaian yang melindungi dari sinar matahari dan kacamata.

 

Sumber : republika.co.id

 

Tags :
Konfirmasi Donasi