ANGKAT POTENSI LOKAL, PANEN RAYA DESA BINAAN MOSEH PERUSAHAAN GAS NEGARA KEMBALI DIGELAR

angkat-potensi-lokal-panen-raya-desa-binaan-moseh-perusahaan-gas-negara-kembali-digelarTANGERANG. Karena kebutuhan makan sayur sangat kurang bagi warga sekitar, Kebun Gizi Moseh (Mobil Sehat) PGN – RZ ini hadir sebagai solusi pemenuhan kebutuhan gizi warga juga sebagai upaya dalam meningkatkan kondisi ekonomi warga, karena hasil dari Kebun Gizi tersebut dapat dijual untuk memperkenalkan potensi lokal.

Adapun pada (14/09) dilaksanakan Panen Raya sayuran hidroponik di program Kebun Gizi desa binaan Perusahaan Gas Negara (PGN) dan RZ. Kegiatan panen raya tersebut dimulai dari pukul 08.30 hingga 11.00 WIB di Kelompok Wanita Tani Anggrek Barokah Kel.Babakan Cikokol RT 03 RW 03 Kec. Tangerang Kota Tangerang. Adapun sayuran hidroponik yang dipanen adalah sawi putih dan pakcoy.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula dari instansi pemerintahan yakni bapak H. Abu Sofiyan, SE, M Si selaku Lurah Babakan Cikokol, Ibu Yati Pemas kelurahan Babakan Cikokol, Bpk H. Asep selaku Ketua RW 03 Kel. Babakan Cikokol. Selain hadir 10 orang Penerima Manfaat (PM) yang sangat semangat dan antusias.

Selain itu dalam panen raya pun mendapat kunjungan dari Ibu Iis Aisyah Rodiah selaku Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian, bapak Ibnu Arifiyanto selaku Kabid Perikanan, bapak H. Sunarto selaku Kepala Bidang DKPP, Ibu Hj. Rika selaku Ketua Seksi DKPP dan Bpk Maman Tarmidi dari Dinas Pertanian Bagian Fungsional umum (Pendamping Desa) yang terjun langsung mengikuti acara panen raya Kebun gizi Desa Binaan Mobil Sehat PGN & RZ.

“Saat kunjungan ke kebun gizi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) memberikan support dan sinergi dengan adanya program – program pemberdayaan yang sangat luar biasa yang sudah di jalankan oleh RZ di wilayah Kota Tangerang.” ucap Cecep Lubis Hidayatulloh.

Dengan adanya program Kebun Gizi tersebut Ibu-ibu sebagai penerima manfaat sudah bisa memproduksi olahan pangan diantaranya ada Dodol Jahe Wijen (Dolhewi), Kencur Instan, Minuman Sari Kacang Hijau dan Sate Ikan Bandeng Sabakota.

Dan alhamdulillah hasil panen sayuran hidroponik sudah mendapat Pesanan dari rumah makan, sementara produk olahan pangan sementara masih dipasarkan di sekitaran warga lokal saja  harapannya ibu-ibu sebagai penerima manfaat khususnya warga kel. Babakan Cikokol bisa menambah penghasilan dan menjadi kelompok usaha bagi warga kedepannya.

Newsroom/Cecep Lubis Hidayatulloh
Tangerang

Tags :
Konfirmasi Donasi