ASSESMENT FASILITATOR RUMAH ZAKAT KE 5 CALON MEMBER USAHA

PALEMBANG. Fasilitator Rumah Zakat, Syaiful Anwar melakukan assessment kepada 5 calon member usaha yang terletak di Kelurahan Bukit Baru Kec. Ilir Barat 1, Palembang. Kamis (14/12). Keberangkatan fasilitator menuju lokasi calon member usaha tersebut bertujuan untuk memeriksa data dan informasi member dalam program Bantuan Ekonomi Rumah Zakat berbentuk Kelompok Usaha Bergulir.

Dalam program Bantuan Ekonomi Rumah Zakat, member usaha mendapatkan pelatihan juga perlengkapan usaha untuk menunjang usahanya. Member usaha yang mendapat kunjungan dari Fasilitator Rumah Zakat yaitu Siti Aminah penjual tape ubi kayu, Pak Gunawan seorang penambal ban, Zuliana seorang pedagang sayur keliling, penjual warung makanan kecil dan penjual kelempang bakar.

Besaran modal usaha bergulir yang diberikan kepada member usaha sebesar Rp500.000 sd Rp1000.000. Modal tersebut digunakan untuk keperluan perlengkapan dan bahan baku usaha.

“Jenis modal usaha bergulir diterapkan kepada member agar member memiliki tanggung jawab untuk mengembalikan modal yang sudah diterima. Modal tersebut dikembalikan secara berangsur dan tidak dikenakan biaya tambahan. Modal yang telah terkumpul dari salah satu member dialokasikan ke member lain dengan peruntukan yang sama,” jelas Syaiful Anwar.

Saat yang sama, Syaiful menyampaikan di hari (14/12) tersebut dirinya mengadakan pelatihan pembuatan kue lumpang dan putu ayu. Sebanyak 50 orang dari RT 02 Kelurahan Bukti Baru yang mengikuti pelatihan tersebut. Ustadzah Fatimah sebagai mentor dalam pelatihan mengusulkan untuk mengadakan koperasi syariah sehingga ketersediaan modal usaha dapat terjaga.

 

Newsroom/ Dani Suhardi
Palembang

 

Tags :
Konfirmasi Donasi