ASYIKNYA PEMBELAJARAN HASTA KARYA DI SD JUARA CILEGON

ASYIKNYA PEMBELAJARAN HASTA KARYA DI SD JUARA CILEGONCILEGON. Jum’at (15/01), Siswa-Siswi SD Juara Cilegon mengikuti KBM seperti biasanya. Pada hari itu, siswa-siswi kelas 1 SD Juara Cilegon akan belajar membuat hasta karya Angry Bird dari piring kue ulang tahun.

Sebelumnya wali kelas mempersiapkan segala peralatannya, seperti piring kue ulang tahun, kertas origami, gunting, dan lem. Kertas origami yang telah dipersiapkan harus dibuatkan pola terlebih dahulu, seperti pola mata, pola rambut, pola alis mata, dan pola paruh. Pada saat pelaksanaannya, wali kelas membagikan alat-alatnya kepada masing-masing siswa. Setelah itu, wali kelas memberikan instruksi untuk menggunting kertas origami sesuai dengan pola yang sudah dibentuk/digambar.

Yang pertama kali digunting adalah pola matanya. Setelah digunting, pola tersebut ditempelkan pada piring kue ulang tahun seperti yang dicontohkan oleh wali kelas. Begitu seterusnya sampai semua pola selesai digunting dan ditempelkan. Ketika semua siswa telah selesai menempel, kini wali kelas menilai hasil karya siswa.

Wali kelas memilih salah satu karya siswa yang paling bagus, dan paling rapih. Kemudian hasil karya tersebut ditempelkan pada papan yang terpajang bagian belakang kelas. Anak-anak terlihat sangat senang bisa membuat hasil karya tersebut, apalagi membuat karya tokoh kartun atau tokoh permainan yang cukup terkenal yaitu Angry Bird.

“Hari ini siswa-siswi kelas 1 SD Juara Cilegon belajar membuat hasta karya dari piring kue ulang tahun. Memang kelihatannya cukup sederhana, tapi bagi anak-anak ini cukup menarik. Anak-anak juga terlihat sangat senang melihat hasil karyanya sendiri,” ungkap Siti Nurasiah selaku wali kelas 1 SD Juara Cilegon.

Siti Nurasiah juga menjelaskan bahwa tujuan dari pembelajaran ini adalah supaya anak-anak lebih kreatif lagi untuk membuat hasil karya dengan memanfaatkan benda-benda yang ada disekitarnya.***

Newsroom/Susanto
Cilegon

Tags :
Konfirmasi Donasi