BANJIR TERJANG PENGUNGSIAN ROHINGYA DI BALUKHALI COX BAZAR, 700.000 PENGUNGSI TERDAMPAK

BANGLADESH. (04/07) Musim Monsoon yang saat ini terjadi di Bangladesh menyebabkan hujan lebat serta ancaman badai, tanah longsor, dan banjir bandang. Menurut PBB, lebih dari 700.000 warga Rohingya saat ini berada di kamp pengungsian di Cox Bazar.

Cox Bazar merupakan salah satu daerah dengan curah hujan tinggi, sehingga menyebabkan daerah ini mendapat dampak terburuk atas Musim Monsoon. Shelter – Shelter yang terbuat dari bamboo dan terpal membuat hunian sementara bagi para pengungsi rentan rusak, bocor bahkan roboh. Saat ini kamp pengungsian di Balukhali Cox Bazar terndam air dan tertimpa longsor.

“Baru saja mendapat berita dari Relawan Lokal di Bangladesh bahwa pengungsian di Balukhali Cox Bazar di terjang banjir dan longsor kembali” ujar Andri Murdianto, Crisis Centre Rumah Zakat.

Andri menambahkan Rumah Zakat dalam waktu dekat akan segera melakukan Aksi Kemanusiaan untuk membantu para pengungsi Rohingya.

“Kita akan kembali distibusikan bantuan untuk pengungsi rohingya di Bangladesh terutama yang terdampak banjir,” ujar Andri.

Adapun kebutuhan mendesak pengungsi Rohingya adalah food aid, hygience kits serta material untuk memperbaiki shelter seperti terpal serta bambu.

Newsroom
Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi