BANK SAMPAH BERSERI BERDAYAKAN WARGA LOPAIT

SEMARANG. Bank Sampah “Berseri” merupakan salah satu Bank Sampah Rumah Zakat yang dibina oleh Relawan Inspirasi Desa Berdaya Lopait, kecamatan Tuntang, kabupaten Semarang dalam rangka memberdayakan masyarakat sekitar dalam bidang ekonomi dan lingkungan.

“Bank Sampah ini bertujuan mengurangi limbah sampah yang ada di masyarakat sehingga Lingkungan menjadi bersih. Selain itu masyarakat bisa mendapat tambahan penghasilan dengan menabung sampah.” kata Gatot widodo selaku Relawan Inspirasi Desa Berdaya Lopait.

Bank Sampah ini sudah menjadi sebuah gagasan empat bulan yang lalu baru bisa terealisir pada bulan Agustus pasca Lebaran.

Mbah Temi (70th) salah satu nasabah bank sampah menuturkan, “Alhamdulillah dengan adanya Bank Sampah yang didirikan mas Gatot Relawan Inspirasi, bersama KWT Bina Lestari dapat menambah penghasilan. Tiap dua pekan kita tabung di Bank Sampah Berseri.” Ungkapnya saat ditemui Kamis (28/09).

Bank Sampah Berseri ini berlokasi di RT 5 RW 3 dsn Gudang, desa Lopait tepatnya di rumah Relawan Inspirasi. Adapun prosedur untuk menabung sampah di bank sampah yaitu anggota membawa sampah yang bisa dijual misal botol plastik, kardus, besi, kertas dll, kemudian ditimbang sesuai jenisnya dan di catat dalam buku tabungan dan buku besar pengurus seharga sampah. Untuk pengambilan tabungan disepakati untuk diambil menjelang Idul Fitri.

Menurut Ibu Sri Lestari (45th) pengelola harian Bank Sampah, “Alhamdulillah, Bank Sampah yang didirikan oleh Relawan Inspirasi bersama KWT Bina Lestari sudah beroperasi, anggota antusias membawa sampah untuk ditabung. Saya sangat berharap Rumah Zakat selalu mensupport program-program yang kita gagas.” Tuturnya.

 

Newsroom/Ai Ratih Rusmayanti
Semarang

 

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi