BANK SAMPAH BERSERI, JADI SARANA MENJAGA LINGKUNGAN

LOPAIT. (21/02) Bank Sampah Berseri desa Lopait yang berdiri belum genap setahun merupakan salah satu Bank Sampah binaan Rumah Zakat dibawah pendampingan Fasilitator Desa Berdaya, Gatot Widodo B. Berlokasi di dusun gudang desa Lopait kecamatan Tuntang kab.Semarang Bank Sampah Berseri merupakan salah satu Program Kelompok Wanita Tani (KWT) Bina Lestari yang beranggotakan sekitar 35 orang ibu ibu yang ada di dusun gudang desa Lopait.

Bank Sampah Berseri yang diketuai oleh Sri Lestari ini melakukan aktivitas penimbangan 1 bulan sekali, mengingat sampah yang bisa dijual baru bisa terkumpul 1 bulan sekali.

Kali ini aktivitas penimbangan sampah dilakukan di tempat bank sampah yg sdh ada, seperti biasa anggota yg menabung sampah datang ke bank membawa sampah, ditimbang dan dihargai sesuai jenis sampah, selanjutnya dicatat di buku tabungan dan buku besar.

“Bank sampah ini merupakan kegiatan dalam menjaga lingkungan, kebersihan dan juga kesehatan lingkungan. Sehingga pas dengan namanya berseri yang berarti Bersih, Sehat dan Asri” ujar Fasilitator Desa Berdaya, Gatot.

Bank sampah ini pun mendapatkan respon positif dari masyarakat sekitar salah satunya Katiyem ( 52 tahun ) salah satu anggota yang aktif menabung sampah di bank sampah berseri.

“Saya senang dengan adanya bank sampah, selain lingkungan rumah bersih dari sampah juga bisa menjadi tabungan untuk menambah pendapatan keluarga” katanya.

Newsroom/ Lailatul Istikhomah
Lopait

Tags :
Konfirmasi Donasi