BANK SAMPAH CIBER MULIA, KELOLA SAMPAH JADI LEBIH BERGUNA

RZ LDKO CilegonJAKARTA. Bank sampah Ciber Mulia didirikan di jalan Bakti 6 RT 05/RW 09 Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara. Berangkat dari sosialisasi dan edukasi dari RZ bersama Mandiri Daya Insani mengenai pentingnya menjaga lingkungan dengan cara mengelola sampah limbah dari rumah tangga pada Maret 2014 lalu, terkumpul 21 orang warga yang ingin turut berpartisipasi dalam program ini.

Setelah dibentuk kepengerusuan, bank sampah Ciber Mulia pun resmi launching pada tanggal 25 Mei 2014. Diketuai oleh Umi Syakila, sekretaris Arwi serta bendahara Rohani bank sampah Ciber Mulai mulai melakukan aksinya untuk mengelola sampah rumah tangga menjadi lebih berguna.

Dalam perjalanannya, selain melakukan pengolahan dan pemilahan sampah, bank sampah juga melakukan edukasi lingkungan kepada para partisipan dan kader lingkungan seperti pembuatan kompos skala rumah tangga dan pembuatan lubang biopori. Bank sampah Ciber Mulia ini juga bekerja sama dengan tengkulak sampah setempat yang turut memfasilitasi tempat penimbangan sampah yang telah terkumpul.

Bank sampah Ciber Mulia sekarang memiliki 30 member yang mengolah dan memilah sampah. Pada bulan Agustus lalu, warga telah dilakukan plangisasi di depan lokasi pengumpulan sampah. Harapan ke depan, bank sampah ini memiliki tempat tersendiri untuk melakukan edukasi dan pusat pengumpulan sampah dari partisipan yang sudah terdaftar maupun yang baru ingin menjadi partisipan.

“Alhamdulillah bank sampah Ciber Mulia telah membuat kegiatan pengumpulan sampah organik dan melakukan edukasi-edukasi pengolahan sampah, semoga kedepannya bisa berjalan lancar,” ujar Rahmi salah satu partisipan bank sampah Ciber Mulia ini.***

Newsroom/Mandiri Daya Insani
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi