BANK SAMPAH KEBRAJAN KERJASAMA RUMAH ZAKAT BERSAMA IBU PKK DI DESA UJUNGSARI

TEGAL. Rumah Zakat melalui Fasilitator Desa Berdaya di Desa Ujungrusi, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal melalui musyawarah bersama PKK gabungan RT 01, RW 01 sampai RT 06, RW 01 menghasilkan kesepakatan Program Lingkungan yaitu Bank Sampah yang diberi nama Bank Sampah Kebrajan Sejahtera, Sabtu (16/9) di Desa Ujungsari.

Hasbi Iskandar, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat sebagai penanggungjawab program ini menjelaskan, “Masih banyak ditemukan masyarakat terutama di desa ujungrusi yang belum sadar untuk memilah sampah. Hal ini yang kemudian menjadi permasalahan di lingkungan seperti lingkungan yang kumuh, sampah tidak memiliki nilai ekonomis,” jelasnya.

Nama Bank Sampah Kebrajan Sejahtera sendiri di ambil dari kata Kebrajan, tempat bank sampah berdiri dan kata Sejahtera adalah harapan sejahtera pengurus, nasabah dan masyarakat desa ujungrusi agar bank sampah ini dapat mensejahterakan nasabahnya.

Dalam musyawarah ini juga sudah terbentuk pengurus Kebrajan Bank Sampah Sejahtera. Kemudian untuk pembagian hasilnya yaitu 30 % untuk pengurus dan 70 % untuk nasabah. Setiap RT sudah dibentuk kader untuk menggerakan warga di RT yang menjadi nasabah bank sampah.

Harapan kedepannya kesadaran masyarakat memilah sampah semakin meningkat. Terutama di Desa Ujungrusi, sekaligus ikut serta juga dalam melestarikan lingkungan.

Newsroom/Kuna
Tegal

 

Tags :
Konfirmasi Donasi