BANK SAMPAH KEMLAGI FASILITASI WARGA BANYAR LISTRI PAKAI SAMPAH

MOJOKERTO. bayar listrik pakai sampah, bayar air pakai sampah, bayar pajak pakai sampah,inilah yang dilakukan masyarakat kemlagi, Mojokerto Jawa Timur sekarang.

Melihat potensi kemlagi sebagai pusat jual beli tingkat kecamatan dengan terdapatnya pasar traditional Dan pusat pertokoan menjadi potensi semakin menggunungnya sampah didaerah tersebut.

Berawal Dari asesment yang dilakukan Fasilitator Rumah Zakat dan masyarakat kemlagi sepakat bahwa sampah adalah maslah utama, hampir satu Tahun tidak ada solusi.

“Diskusi diskusi non formal terus kita lakukan dengan pemerintah desa,edukasi dengan IBU IBU PKK terus kita lakukan,pengepul pengepul sampah terus kita cari,akhirnya terwujudlah program bank sampah yang digagas secara bersama” ujar Ahmad Fathoni

Bank sampah ini lanjutnya juga kolaborasinya dengan pemerintah desa.

Pengumpulan sampah sampah terjadwal satu bulan dua Kali dengan markas sementara di balai Inspirasi Rumah Zakat di kemlagi.

Dalam hal ini Rumah Zakat mengambil peran untuk memberikan edukasi Dan memberikan bantuan alat berupa timbagan elektrik. Masyarakat juga menjadi semangat untuk menjadi relawan bank sampah.

“Terimakasih Rumah Zakat yang terus menerus mengawal program program desa, semoga keberadaan Rumah Zakat di kemlagi semakin dicintai oleh masyarakat” Ucap bu lurah Kemlagi.

Newsroom
Fuad Syaifullah/ Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi