BANK SAMPAH MEKAR BERSERI SAPA WARGA KAMPUNG KASUNEAN

RZ Cirebon Bnak sampahCIREBON. Sampah adalah salah satu masalah lingkungan yang harus segera dicarikan solusi pemecahannya, baik pengelolaan maupun distribusi pembuangannya. Jika kita melihat di kota-kota besar di Indonesia masalah sampah hingga kini pun masih menjadi masalah yang selalu dikeluhkan baik oleh masyarakat atau pun pemangku kebijakan pemerintahan untuk mendapatkan jalan keluar yang tepat untuk menyelesaikannya.

Salah satu kampung di daerah Cirebon pun menghadapi masalah yang sama tentang pengelolaan sampah ini yaitu Kampung Kesunean Selatan. Kampung Kesunean Selatan adalah kampung yang berbatasan langsung dengan pantai yang sebagian masyarakatnya membuang sampah langsung ke bibir pantai sehingga banyak sekali tumpukan-tumpukan sampah di bibir pantai tersebut.

Adanya program bank sampah di kampung ini, membuat masyarakat menjadi sadar agar tidak membuang sampah ke pantai lagi, tetapi membawa sampah ke bank sampah. Tentu hal ini tidaklah mudah karena masyarakat pesisir untuk sosial ekonominya kebanyakan menengah ke bawah. Mereka sudah sejak lama terbiasa membuang sampah ke bibir pantai. Akan tetapi hal ini tidak menyurutkan semangat para anggota kepengurusan Bank Sampah Mekar Berseri yang didirikan di Kampung Kesunean Selatan RT 05/RW 09 pada tanggal 14 Pebruari 2014 yang diketuai Nining Widaningsih, sekretaris Susanawati, dan bendahara Rumsari.

“Terima kasih RZ dengan adanya program bank sampah di lingkungan kami, masyarakat kami pun menjadi lebih tahu manfaat adanya program pilah sampah ini karena ternyata mempunya nilai yang ekonomis dan bisa bermamfaat bagi masyarakat,” tutur Ketua Bank Sampah, Nining Widaningsih.

Nining pun menambahkan tugas mendirikan bank sampah ini merupakan misi yang sangat mulia di kampungnya sehingga sekarang sudah terbentuk kepengurusan bank sampah. Hingga kini telah ada tempat penyimpanan sampah dan masyarakat pun telah ada yang terdaftar menjadi anggota bank sampah berjumlah 39 KK yang telah ikut dalam program ini. Tentu hal ini sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah KK yang berada di RW Kesunean Selatan karena daerah ini merupakan wilayah padat penduduk. Mudah-mudahan dengan seiringnya waktu anggotanya pun bisa bertambah lagi imbuh Nining.***

Newsroom/RZ Cirebon

Cirebon

Tags :
Konfirmasi Donasi