BARANG BEKAS MENJADI AMAL (BEKAL)

RZ Bekal palembangPALEMBANG. Bank Sampah Bekal yang beranggotakan 30  orang lebih ini merupakan organisasi pecinta lingkungan yang diinisiasi oleh RZ cabang Palembang dan Remaja Masjid Kauman, di Kelurahan Talang Bubuk. Bank sampah ini dalam operasionalnya mengunakan prinsip 3R ( Reduce, Reuse dan Recyle ). Artinya: Sampah yang kurang bermanfaat, jika dikelola dengan baik bisa berguna dan menghasilkan materi.

Kegiatan memilah sampah yang dilakukan oleh petugas bank sampah dan warga berupa memisahkan sampah organik dan anorganik kemudian disetor ke pusat penampungan Bank Sampah Bekal yang beralamat di Jalan Kapten Abdullah lrng, Kauman, Kelurahan Talang Bubuk.

Setiap sampah yang disetor akan ditimbang karena berat sampah yang ditimbang berbeda, kemudian dimasukan kedalam buku tabungan Bank Sampah Bekal yang sewaktu-waktu dapat diuangkan oleh nasabah tersebut minimal per 2 bulan sekali, seperti layaknya bank.

“Kegiatan ini bukan semata-mata mencari keuntungan saja, diharapkan dapat membangun masyarakat yang sadar akan lingkungan sehingga dapat mengurangi pencemaran lingkungan oleh limbah rumah tangga. Kedepannya bank sampah ini bisa memiliki tempat pengolahan sendiri karena sekarang masih menumpang di halaman belakang rumah pengurus masjid,” ucap salah satu pengurus bank sampah.***

Newsroom/Wahyudi
Palembang

Tags :
Konfirmasi Donasi