BELAJAR BERBAGI DARI SOCIAL MARKET DAY SD JUARA CIMAHI

CIMAHI. SD Juara Cimahi mengadakan Social Market Day, sejak Rabu (8/12) sampai dengan Jumat (10/12). Kegiatan ini adalah implementasi muatan enterpreneurship untuk siswa SD Juara Cimahi. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa. Dana hasil penjualan disumbangkan ke Rumah Zakat Cabang Cimahi.

Kegiatan Social Market Day ini memuat banyak penggalian potensi anak. Sasaran utamanya adalah memunculkan jiwa enterpreneurship siswa. Namun, selain itu dilatih pula kemampuan komunikasi efektif dengan tantangan presentasi di depan seluruh siswa. Dalam kegiatan ini siswa dibagi beberapa kelompok yang telah diberi modal sebesar Rp20.000,- tiap kelompok. Setiap kelompok mempresentasikan rencana-rencana produk yang akan mereka jual dan proses yang akan mereka jalani. Hal-hal penting yang mereka sampaikan dalam presentasi di antaranya adalah besar modal, produk makanan yang dibuat, harga jual, strategi penjualan termasuk promosi dan publikasi penjualan.

Setelah melalui tahap resentasi, mereka melalui tahap make a product. Setiap kelompok bahu membahu membuat produk yang akan mereka jual. Kali ini produk yang dijual adalah makanan. Penjualan produk pun dilaksanakan dan berakhir pada Jumat (10/12). Pada akhir kegiatan, kelompok-kelompok siswa dinilai berdasarkan beberapa kriteria. Kelompok terbaik diberikan kepada kelompok Azmi kelas I karena dengan modal Rp20.000,- mereka menghasilkan keuntungan Rp25.000,- Kelompok termotivatif diberikan kepada kelompok Hafidz kelas VI karena menyediakan doorprize bagi pembeli yang mengunjungi stand mereka. Kelompok tergigih diberikan kepada kelompok Riska kelas IV karena dengan kerugian Rp300,- dari modal yang diberikan mereka tetap semangat. Kelompok tercepat diberikan kepada kelompok Khansa kelas III karena produk kelompok ini paling cepat habis terjual.

Pada dasarnya mereka semua adalah juara. Setiap kelompok menyisihkan sebagian keuntungannya untuk disumbangkan melalui Rumah Zakat Cabang Cimahi. Dana hasil sumbangan dari Social Market Day ini telah diterima oleh Sopian, wakil dari Rumah Zakat Cabang Cimahi sebesar Rp167.450,- “Dari anak-anak kecil ini kita belajar sesuatu yang besar. Meski duafa mereka tetap berbagi dan peduli kepada sesama,” ujar Sopian.***
Newsroom/Fipit fitrianingsih
Cimahi

Tags :
Konfirmasi Donasi