BELAJAR MEMBACA MELALUI FLASH CARD BERSAMA PAUD JUARA

JAKARTA. Tim PAUD Juara Rumah Zakat kembali melaksanakan penbinaan di Bina Keluarga Balita Melati C, Rabu (15/12). Kali ini dilaksanakan pembinaan teaching modeling dengan pembelajaran mengenal konsep angka melalui metode mendongeng oleh Syamsinar. Selain itu diajarkan pula pelatihan kepada orang tua untuk melatih anak membaca dengan menggunakan flashcard.

Tim PAUD Juara sampai di BKB Melati C pukul 09.00 WIB. Saat itu kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung. Tim Rumah Zakat tiba dan mendapatkan kesempatan untuk mendongeng kepada anak-anak. Dongeng kali ini adalah tentang tokoh Dora, Boots, dan teman – temannya yang akan menuju PAUD BKB Melati C. Konsep yang dikenalkan dalam proses KBM kali ini adalah anak mengenal tokoh, nama tempat, jarak, bilangan dan kosakata baru. Antusiasme anak terlihat dari tanya jawab yang terjadi ketika Syamsinar, Project Officer Rumah Zakat sedang mendongeng. Kegiatan belajar anak berlanjut dengan menggambar apa yang dipikirkan oleh anak berdasarkan dongeng yang telah disampakan. Gambar setiap anak beragam, ada yang menggambar goresan berbagai warna dengan sebutan “bunga”, ada yang membuat mobil, ada pula yang menggambar “Spongebob dan Patrick”.

Selain berperan dalam kegiatan pembelajaran bagi anak, Tim PAUD Juara juga memberikan bimbingan bagi orangtua untuk membuat media pembelajaran yang mudah dan bermanfaat bagi anak. Kegiatan membuatflash card yang dipandu oleh Sri Mulyani melibatkan semua orangtua yang hadir di BKB Melati C. Melalui kegiatan ini orangtua diajak untuk membuat potongan kata benda yang ada di sekitar anak dalam bentuk kartu. Flashcard ini dapat digunakan sebagai media anak belajar membaca. Metode yang diadopsi dari teori Glen Domen ini dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak dalam 4 aspek yaitu bicara, mendengar, membaca dan menulis. Hasil karya orangtua ditempel pada benda yang sesuai dengan gambar yang ada pada kartu. Selain itu, orangtua pun membuat gambar untuk dipasang di rumah masing-masing.

Orangtua dari salah satu siswa BKB Melati C berkata, “sebenarnya sejak lama saya suka mengumpulkan flash card seperti ini untuk mengajari anak saya, tapi tidak terpikir kalau ternyata kita bisa membuat sendiri sesuai kebutuhan.” Kegiatan pelatihan untuk orangtua ini dilaksanakan untuk membuka wawasan baru bagi tutor dan orangtua. “Tunggu kedatangan kami di BKB atau PAUD binaan yang lainnya untuk memberikan yang terbaik dalam rangka mencapai target 1000 balita cerdas,” ujar Syamsinar dengan semangat.***
Newsroom/Sri Mulyani
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi