BELUM ADA MASJID, WARGA SHOLAT BERJAMAAH DI TENDA DARURAT

LOMBOK. (20/09) Di Desa Persiapan Menggala Kec. Pamenang Kab. Lombok Utara panggilan Adzan tetap terdengar walaupun masjid sudah tak terlihat lagi wujudnya. Warga desa Menggala masih tetap saja datang untuk melaksanakan shalat di tenda darurat yang difungsikan sebagai masjid sementara.

Setiap waktu shalat, mereka pasti selalu menyempatkan untuk pergi ke
tenda ini, jadi masjid sementara tak pernah terlihat sepi. Begitupun dengan Hj. Khusnul Hotimah, ia senantiasa menyempatkan shalat lima waktu di sana.

Bagi Husnul, beribadah di masjid merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Ia selalu meminta pertolongan kepada Allah atas semua yang terjadi padanya. Ia percaya bahwa Allah Maha mendengar doa-doanya.

Kehidupan pasca gempa baginya terasa sangat berat. Ia harus menafkahi ketujuh orang anaknya tanpa ada satu orangpun yang membantunya. Suaminya meninggal dunia sekitar tujuh tahun yang lalu. Saat ini ia belum berani untuk bekerja lagi.

Selain beribadah shalat di awal waktu, ia pun sering melaksanakan ibadah sunnah lainnya. “Insyaallah saya tak pernah tertinggal untuk melaksanakan shalat duha dan shalat tahajud setiap harinya,” ujarnya

Tak hanya itu bibirnya senantiasa dibasahi dengan dzikir kepada Allah. Bertasbih memuji-Nya. Ia tak pernah berhenti untuk melantunkan shalawat. Bahkan ia selalu mendawamkan wudhunya.

Keadaan masjid sementara ini tak pernah benar-benar sepi. Selain Bu Husnul ada juga Bapak Jamhari, salah seorang warga desa Menggala yang senantiasa menyempatkan adzan dan menjadi imam shalat. Selepas ashar, ia juga mengajarkan Al-Quran kepada anak-anak.

“Meskipun dalam kondisi tempat ibadah yang terbatas, saya tak mau melihat anak-anak hanya main keluyuran. Selain itu, mudah-mudahan masjid darurat segera dibangun, sehingga kami bisa melaksanakan ibadah dengan khusyu.” ujarnya.

Berdasarkan rencana, Masjid Darurat akan dibangun di desa ini setelah semua bagunan shelter atau hunian sementara bagi para pengungsi selesai dibangun.

Newsroom

Eti / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi