BERBAGI AIR BAGI KEHIDUPAN UNTUK DAERAH KEKERINGAN DI BANJARNEGARA

BANJARNEGARA. (04/09) Kemarau panjang yang dialami wilayah kabupaten Banjarnegara menyebabkan banyak desa mengalami kekeringan. Debit air di sungai-sungai pun menurun dratis. Penyebab utama penurunan debit air di sungai maupun di sumur-sumur penduduk adalah karena berkurangnya daya serap tanah pada air akibat sudah langkanya pepohonan.Kebun-kebun yang mulanya lebat dengan tanaman sekarang sudah banyak yang berubah menjadi perumahan maupun tempat industri.

Karang Salam adalah salah satu desa di kecamatan Susukan kabupaten Banjarnegara yang setiap ada kemarau panjang pasti mengalami kekeringan. Sejak memasuki bulan Agustus, sebagian wilayah desa yang terdiri dari 170 KK sudah ini mengalami kekurangan air bersih karena sumur-sumur sudah mengering. Semakin panjang kemarau maka akan semakin banyak warga mengalami kekeringan.

Bekerjasama dengan kepala kadus 2 Sugadi dan perangkat desa Karang Salam, Rumah Zakat dan KitaBisa.com mendistribusikan air bersih ke kawasan penduduk yang mengalami kekeringan. Dilaksanakan pada hari Selasa, (04/09) dengan menggunakan armada tangki dari BPBD kabupaten Banjarnegara dan air dari PDAM Kaliwinasuh Banjarnegara. Distribusi air di mulai pukul 12.00 dan selesai pukul 20.00.

“Sebanyak 20.000 liter air di distribusiakan untuk 300 KK yang terdampak kekeringan.¬†Antusias warga yang menunggu kiriman air memang luar biasa karena ketika muasim kemarau daerah ini benar-benar hanya bisa menandalkan bantuan” ujar Fasilitator Rumah Zakat, Sarwin.

Prangkat desapun selalu mendampingi ketika air di distribusikan karena untuk mengantisipasi agar pembagian air bisa merata. Dengan 20.000 liter air ini warga bisa bertahan sampai satu minggu kedepan sambil menunggu bantuan dari BPBD maupun pihak lain.

“Terima kasih pada Rumah Zakat dan KIta Bisa.com atas kepedulianya pada warga kami yang mengalami kekeringan” ujar pak Gadi, kepala kadus 2. Ucapan serupapun di sampaikan oleh warga yang mendapat giliran mengambil air.

“Terimakasih Rumah Zakat, dengan ikut sertanya Rumah Zakat dalam program berbagi air Kehidupan ini turut meringankan beban PBD yang semakin hari semakin banyak daerah yang mengalami kekeringan,” tambah, Agus dari BPBD Bnajarnegara yang ikut mendampingi distribusi air bersih ini.

Newsroom
Rico / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi