BERBAGI BUKA PUASA DI DAERAH PERBATASAN MALANG-BLITAR

MALANG. (9/05) Desa Arjosari merupakan salah satu desa yang terdapat di kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang. Desa yang berjarak 55 km dari kota Malang ini merupakan daerah perbatasan Malang dengan Blitar.

Desa yang memiliki topografi berbukit dengan tekstur tanah berbatu cadas ini menyebabkan terjadi nya kekeringan. Hingga pada tahun 1970an, dibangunlah sumber air oleh tokoh kristen dan muncul lah proses kristenisasi. Pada saat itu hampir 90% warga memilih untuk murtad karena banyaknya kegiatan yang diprakarsai oleh tokoh kristen.

Hingga pada akhir tahun 1980an, datanglah tokoh muslim yang membawa ajaran islam yang bernama Kholiq. Ia memulai dakwah nya dengan membangun sumur, membangun masjid, dan mengadakan kegiatan-kegiatan keagaman.

Pada Kamis, Relawan Rumah Zakat menuju desa Arjosari Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang untuk melaksanakan program Berbagi Buka Puasa (BBP) di Masjid Babussalam. Perjalanan ditempuh kurang lebih selama 2 jam yang di mulai pada pukul 14.00 WIB dan tiba pada pukul 16.30 WIB.

Acara dibuka oleh ibu Iis selaku relawan inspirasi pada 16.40 WIB, kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Alquran oleh Ananda kaila. Sambutan disampaikan oleh Bapak Nur Cholis selaku tuan rumah, beliau menyampaikan bahwa dengan adanya acara ini menjadi penghubung ukhuwah islamiyah dan bisa bertemu pada ramadhan selanjutnya.

Sambutan juga disampaikan oleh Yudha Pandu Kristiawan mewakili Rumah Zakat, beliau menjelaskan tujuan berdiri nya Rumah Zakat, serta ucapan terimakasih dan doa yang ditujukan untuk para Donatur sehingga program-program Rumah Zakat bisa dilaksanakan. Acara dilanjutkan dengan Kultum yang disampaikan oleh bapak Irfan, “makna bulan ramadhan ini adalah mengembalikan diri sebagai manusia yang selalu mengingat Allah”.

Kegiatan ini dihadiri oleh 120 warga yang terdiri dari anak-anak hingga warga lansia. Matahari yang terik dan cuaca yang cukup panas tidak menyusutkan semangat warga dalam menghadiri kegiatan BBP ini. Menjelang adzan maghrib acara ditutup dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh takmir masjid.

“Dengan adanya buka bersama Rumah Zakat ini saya senang karena bisa bertemu dengan saudara muslim di luar daerah saya, sehingga dapat mempererat ukhuwah” ujar Dimas, salah satu warga Arjosari, Kalipare, Malang.

Newsroom
Nurul Ulfa / Shintya Dewi

 

Tags :
Konfirmasi Donasi