BERDAYAKAN PEKARANGAN RUMAH DENGAN PEPAYA CALIFORNIA

PEKALONGAN. Senin (18/09) Ainun Nur Fahmi, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat di Desa Berdaya Tunjungsari, Kec. Siwalan Kab. Pekalongan menginisiasi program penanaman atau budidaya pohon Pepaya California di pekarangan rumah warga.

Program budidaya Pepaya California ini dilakukan dengan cara membagikan 2 bibit kepada masing-masing rumah yang ada di RT 12/RW 03. Dengan program ini diharapan warga dapat memenuhi kebutuhan gizi sendiri atau bahkan bisa dikomersilkan.

Program ini dihasilkan dari diskusi antara Fasilitator Rumah Zakat bersama kader penggerak untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan budidaya Pohon Pepaya California. Dimulailah sosialisasi program di rumah Pak Subkhi, ketua RT 12/RW 03.

Selain diadakannya sosialisai juga diadakan Penyuluh Pertanian oleh Pak Caslori, tentang budidaya Pohon Pepaya California yang baik. Pepaya California dipilih karena rasanya lebih manis, harga jualnya lebih mahal dibanding pepaya jenis lain serta lebih mudah beradaptasi terhadap lingkungan lokal.

Dalam pemaparannya Pak Caslori menjelaskan bagaimana cara menanam pohon pepaya yang baik, “Pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan lubang tanam terlebih dahulu dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm. Setelah itu tanah bagian atas dimasukkan terlebih dahulu dan dicampurkan dengan pupuk kandang atau organik baru kemudian ditanami pohon pepaya.” Tuturnya.

Ia juga menambahkan yang perlu diperhatikan dalam menanam Pohon Pepaya adalah kebutuhan airnya, karena Pohon Pepaya perlu untuk disirami apalagi di musim kemarau.

Newsroom/Kuna
Pekalongan

Tags :
Konfirmasi Donasi