BERMAIN DAN BELAJAR DI ALAM BERSAMA RELAWAN

SEMARANG. Desa Kalikalong Boja Kendal sebuah wilayah pedesaan yang sangat tenang dan damai, masih asri dengan sawah-sawah yang membentang luas, sungai-sungai kecil yang jernih airnya, udara yang sejuk dan bebas polusi. Di tempat inilah anak-anak SD Al Azhar Semarang bersama para relawan Rumah Zakat Cabang Semarang melakukan kegiatan yang bertajuk “Serunya Belajar dan Bermain di Alam”, Sabtu (27/3) lalu.

Acara diawali dengan menyusuri jalan desa yang naik turun. Anak-anak tampak sangat semangat dan bernyanyi riang sepanjang perjalanan. Yel-yel lucu dan unik khas mereka pun ikut memeriahkan sebelum pemberangkatan. Anak-anak kemudian diajak ke sebuah kandang untuk memberi makan kerbau, menyusuri sungai kecil lalu memandikan kerbau sambil bermain air.

Kegiatan memandikan kerbau di sungai ternyata merupakan kegiatan yang paling diminati karena sangat seru dan mengasyikkan. Walau tampak seram dengan badan kerbau yang besar dan kulitnya hitam tapi tak membuat anak-anak takut untuk memandikannya. Mereka bahkan berani untuk menaiki punggung kerbau dan berenang bersama kerbau. “Kerbaunya gak galak, jadi aku gak takut,” ujar salah seorang anak.

Kegiatan tak berhenti sampai di situ saja. Setelah puas bermain air dan memandikan kerbau, anak-anak didampingi beberapa guru dan relawan diajak menyusuri sawah. Disana mereka belajar menanam padi dan menangkap ikan serta diberi penjelasan tentang tanaman-tanaman yang ada di lingkungan sekitar.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program kerjasama penyaluran daging Superqurban antara SDI Al-Azhar 25 dengan Rumah Zakat. Pada program Superqurban 2009 SDI Al Azhar mempercayakan 43 ekor kambing kepada Rumah Zakat cabang Semarang.***

Newsroom/Sigit Wardono
Regional Jawa Tengah

 

Tags :
Konfirmasi Donasi