BERSAMA KITABISA.COM, RZ WUJUDKAN FASILITAS AIR BERSIH

bersama-kitabisa-com-rz-wujudkan-fasilitas-air-bersihBOGOR. Air merupakan komponen yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Air bersih memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan kondisi lingkungan dan kesehatan masyarakat karena air digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Saat ini mayoritas masyarakat sudah memahami pentingnya penggunaan air bersih dan sudah menerapkan di lingkungan rumah masing-masing. Namun jika kita melihat sedikit lebih dalam, ternyata masih ada masyarakat yang memiliki fasilitas air yang masih minim kebersihannya.

Masih banyak rumah-rumah yang belum memiliki MCK (Mandi Cuci Kakus) sendiri sehingga masih banyak yang melakukan aktivitas MCK di sungai-sungai dengan fasilitas seadanya. Begitu pula di wilayah Kp. Cibeureum tengah RT.05 RW.02 Desa sinarsari Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

Banyak dari mereka yang belum memiliki sumur sendiri karena lokasinya berada cukup tinggi dan jauh dari sumber air dengan kondisi jalan yang cukup terjal sehingga hanya dapat diambil pada siang hari saja. Penduduk di wilayah tersebut 155 KK yang terdiri dari RT.05 dan berbatasan dengan RT.04 yang mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai buruh, tukang becak dan pembantu rumah tangga.

Melihat kondisi tersebut, tentunya masyarakat di sana sangat berharap dapat menikmati fasilitas air bersih untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Alhamdulillah, kembali RZ memberikan bantuan fasilitas air bersih yang kali ini merupakan amanah dari para donatur yang berdonasi melalui web kitabisa.com untuk membantu masyarakat di wilayah Cibeureum mendapatkan fasilitas air bersih yang layak.

Proses pembuatan sumur dan toilet dimulai pada hari Rabu (07/12) setelah sebelumnya berdiskusi dengan warga setempat terlebih dahulu. Lahan yang digunakan untuk pembuatan MCK merupakan tanah wakaf dari salah satu warga.

“Hingga saat ini proses pembangunan yang sudah dilaksanakan yaitu pembuatan pondasi, pembangunan dinding kamar mandi, pembuatan septictank. Rencananya pembuatan fasilitas air bersih ini selain pengeboran sumur juga akan dibangun 2 toilet, 1 kamar mandi dan 1 ruang untuk mencuci. Rencananya proses pembangunan ini akan selesai dalam 2 pekan.” jelas Nur Shyfa, Project Monev RZ.

Newsroom/Ai Ratih Rusmayanti
Bogor

Tags :
Konfirmasi Donasi