BIJAK MENGGUNAKAN ANTIBIOTIK, BAHASAN MENARIK DI PEKAN BERBAGI SENYUM MAKASSAR

bijak-menggunakan-antibiotik-bahasan-menarik-di-pekan-berbagi-senyum-makassarMAKASSAR. Pada (25/09) Pekan Berbagi Senyum (PBS) telah hadir di kota Makassar tepatnya di Posyandu Flamboyan VI Kampung Parang Kel. Tamanlarea Jaya, Makassar.

Munifah MSc. Apt, seorang dosen dan apoteker kali ini menjadi pesertanya. Kegiatan ini dimulai pukul 16.00 – 17.00 WITA dengan tema “Bijak Menggunakan Antibiotik”.

Menurut artikel dari laman medkes.com Antibiotik adalah obat-obatan yang digunakan untuk mengobati, dan dalam sebagian kasus bisa mencegah infeksi oleh bakteri. Antibiotik dapat digunakan untuk kondisi penyakit yang relatif ringan seperti jerawat hingga yang berpotensi mengancam jiwa seperti pneumonia (salah satu jenis infeksi paru-paru).
Namun, adakalanya antibiotik tidak berguna pada beberapa jenis infeksi, dan menggunakannya hanya akan meningkatkan risiko resistensi antibiotik, karena itulah antibiotik tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Penggunaan antibiotik pun tidak boleh sembarangan, harus sesuai petunjuk dokter atau apoteker. Materi di atas dirangkum dan disampaikan oleh Munifah kepada warga di kampung Parang. Warga yang hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah 27 orang.

“Pemakaian antibiotik memang sangat membantu apabila sesuai aturan pemakaiannya, tapi jika tidak sesuai aturan malah berbahaya bagi kesehatan. Semoga materi tadi bermanfaat dan dapat diterapkan oleh warga Kampung Parang.”, tutur Munifah kepada warga Kampung Parang sebagai penutup kegiatan.

Newsroom/Nurul Rahayu
Makassar

Tags :
Konfirmasi Donasi