BISNIS RAFFI CRISPY MENDAPAT KEUNTUNGAN SAMPAI 3 JUTA PER BULAN

Putri SarasSOLO. Usaha ayam goreng krispi dengan brand Raffi Super Crispy lahir sebagai usaha bersama antara Putri dan suaminya Tri. Keputusan tersebut diambil saat keduanya resign dari pabrik tempatnya bekerja pada akhir tahun 2012. Selama satu bulan mereka belajar cara membuat fried chicken hingga pada Desember 2012 mulailah mereka berjualan ayam goreng tepung ini. Tempat yang dipilih adalah di pinggir jalan Kol. Sugiyono (selatan kampus Unisri Solo) yang memang berdekatan dengan rumah mereka. Sebenarnya tempat jualan tersebut hanya berupa lapak berukuran 2 x 2,5 meter terbuat dari bambu, beratap seng dan berlantai tanah. Di awal usaha mereka mampu menjual olahan tiga ekor ayam dengan peralatan dan tempat jualan yang masih sederhana.

Pertengahan Februari 2013 Putri bergabung menjadi member binaan RZ dan mulai mendapatkan pendampingan dari Micro Business Oicer (MBO). Dia mulai mengikuti sekolah bisnis yang diadakan RZ dan mengganti brand dengan “Rafii Crispy”. Lantai warung mulai disemen dan menggunakan gerobak baru hasil renovasi yang dicat orange. untuk menjalankan usaha ini. Putri dan suaminya biasa berbagi tugas. Pukul 03.00 dini hari Tri sudah mulai belanja ayam untuk kemudian dipotong-potong di rumah. Baru sekitar pukul 06.00 mereka berangkat ke warung.

Berawal dari usaha kecil-kecilan yang hanya menghasilkan THP Rp400.000 per bulan kini mereka sudah bisa mencapai THP hingga Rp3.000.000 per bulan. “Hal ini karena kegigihan mereka dalam memasarkan produk serta mempertahankan kualitas produknya,” ungkap Aifudin, MBO RZ yang selama ini bertugas mendampingi mereka.

Sekarang dalam sehari mereka telah mampu menjual 8 ekor ayam (12 kg) dengan waktu berjualan pukul 06.00-15.00. Berkat Raffi Crispy Putri dan Tri kini bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan juga menyekolahkan putra mereka di TK. Mereka berdua juga telah menjadi donatur Superinfak sejak April 2013.

“Kami berharap di tahun 2013 bisa membuka cabang dari Rai Crispy yang bisa digunakan untuk tempat makan para pembeli dan juga ada ruang untuk istirahat dan shalat,” ungkap Putri menyampaikan harapannya.***

Newsroom/M. Aifudin Zam’i
Solo

Tags :
Konfirmasi Donasi