BROKOLI BISA MENCEGAH PENGAPURAN TULANG

Steam-cooked broccoli with thinly sliced almondsBrokoli adalah sayuran yang terasa pahit jika di makan,tapi menurut sekelompok dokter menemukan manfaat lain dari sayuran ini yaitu mampu mencegah dan memperlambat pengapuran tulang atau osteoarthritis.

Manfaat Brokoli sangat banyak sekali seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga agar penglihatan tetap sehat, melindungi terhadap radiasi Ultraviolet, mencegah anemia, membantu kehamilan yang sehat, mengurangi resiko penyakit Alzheimer, menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi, kemudian mengurangi resiko penyakit jantung, dan menurunkan berat badan saat diet. Terakhir adalah mencegah pengapuran tulang.

Untuk Mencegah pengapuran tulang salah satu yang kita bahas kali ini. Pengapuran tulang memang tidak bisa disembuhkan tapi bisa dicegah. Berdasarkan sumber dari peneliti bernama Dr. Ian Clark yang juga merupakan seorang profesor biologi muskuloskeletal dari University of East Anglia, Norwich,U.K yang dilansir dari CBS news bahwa meski tidak dapat disembuhkan, setidaknya Anda harus dapat memberitahukan kepada orang-orang sehat bagaimana melindungi sendi mereka di masa depan. Pola makan seperti ini yang dapat dijadikan alternatif yang aman.

Brokoli adalah sayuran yang mengandung sulforaphane dengan kadar tinggi. Senyawa tersebut memiliki sifat anti-kanker. Nah, Clark dan rekan-rekannya memberi makan senyawa sulforaphane tersebut pada sekumpulan tikus. Dan ternyata tikus-tikus tersebut menunjukkan kalau kerusakan tulang rawan yang lebih kecil dan berpeluang lebih sedikit untuk mengalami osteoarthritis dibandingkan tikus lain yang tidak diberi makan senyawa tersebut.

Temuan ini kemudian oleh para peneliti dipastikan dengan menguji senyawa yang ada didalam sampel sel tulang rawan dari tikus-tikus tersebut dan juga sejumlah orang diminta untuk mengonsumsi brokoli. Hasilnya ternyata sesuai dengan harapan, kerusakan tulang rawannya terlihat lebih kecil dengan bantuan senyawa sulforaphane.

Dan kini peneliti berencana untuk menggelar studi dengan skala kecil yang melibatkan 40 pasien yang kemudian diberi Brokoli Super secara acak. terutama dua minggu sebelum orang-orang tersebut melakukan operasi penggantian lutut (knee replacement surgery). Brokoli super tersebut memang dibiakkkan agar mengandung sulforaphane dengan kadar yang tinggi.

 

Sumber : liniberita

Tags :
Konfirmasi Donasi