BU RAM TETAP SEMANGAT KEMBANGKAN USAHA DI TENGAH KESEMPITAN

PEKANBARU. BU RAM TETAP SEMANGAT KEMBANGKAN USAHA DI TENGAH KESEMPITAN(05/04) Upaya pemberdayaan masyarakat melalui sektor ekonomi merupakan salah astu yang menjadi fokus RZ. Dengan tersebarnya para pebisnis-pebinis binaan di berbagai daerah, harapannya dapat membantu peningkatan taraf hidup para binaan.

Seperti halnya Bu Ramayanis yang biasa disapa buk Ram yang merupakan member binaan RZ sejak awal tahun 2016. Keadaan beliau yang sangat kekurangan dikarenakan harus menghidupi anaknya yang masih bersekolah seorang diri, sementara kondisi suaminya yang sering kali menganggur tidak begitu dapat membantu bu Ram mencukupi kebutuhan keluarga., meski sesekali bekerja sebagai tukang. Saat ini beliau bertempat tinggal di Jl. Yos Sudarso Gg Sepakat RT03/RW 13 Kel. Limbungan Baru, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru.

Setiap hari sebelum subuh bu Ram sudah bangun untuk memasak dan menggoreng kue yang dititip di warung-warung sekitar rumah beliau. Sampai saat ini beliau yang menjadi tulang punggung keluarga karena harus membiayai biaya hidup dan sekolah anak-anak beliau. Suami beliau bekerja sebagai tukang yang kadang kerja sering menganggur karena tidak ada pekerjaan. Saat hari libur, suami dan anaknya membantunya membuat kue.

Ketika bertemu fasilitator RZ awal tahun 2016 beliau menceritakan sulitnya hidup beliau dan beliau siap untuk berubah dan mau berbagi dengan kelompok tetangga di tempat tinggalnya untuk membuka gerai kue di Jalan sekolah yang ramai dilalui masyarakat Rumbai. Hingga akhirnya tepat tanggal 3 April 2016 beliau dan 6 orang temannya baru bisa berjualan kue di depan ruko yang belum habis sewanya.
“Tempat usaha ini masih menumpang jadi belum menetap (permanen), kalau etalasenya alhamdulillah dibantu oleh tetangga saya yang mau menjadi donatur,” papar bu Ram.

Kedepannya beliau dan teman-teman berkomitmen untuk menyisihkan sedikit demi sedikit hasil usahanya untuk bisa menyewa tempat usaha yang lebih layak dan nyaman. Walaupun sedang kekurangan, tidak menyulitkan langkah bu Ram dan ibu-ibu di gang Sepakat untuk bisa terus berusaha di tengah kondisi ekonomi yang serba sulit ini.

“Saya berharap bisa berjualan kue keliling dengan sepeda yang ada box kuenya, agar usahanya bisa lebih berkembang lagi,” ungkap bu Ram.***

Newsroom/Hendrik
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi