BUAH MANIS HASIL PEMBERDAYAAN AEP DI DESA MEKARWANGI

RZ LDKO CilegonBANDUNG. (24/03). ICD Mekarwangi terletak di kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung. Potensi alam yang menonjol di desa ini adalah perkebunan, terutama sayuran dan cabe keriting. Melihat kebutuhan masyarakat akan pupuk sangat tinggi, hingga akhirnya RZ mengajak warga desa Mekarwangi untuk memanfaatkan potensi lokal yang dimiliki desanya ini dengan membuat pupuk organik cair dari urin kelinci, kotoran kelelawar, kambing, dan sapi yang mengandung lebih banyak microba. Pupuknya bisa digunakan untuk kebutuhan warga dan juga dijual perbotol dengan harga Rp30.000,-

Tidak hanya itu, RZ pun mengintervensi Desa Mekarwangi dengan program Gaduh Domba, dimana setiap warga yang terekomendasi mendapatkan domba induk sebanyak 5 Domba, hingga saat ini telah banyak anakan domba yang dihasilkan. Seperti anakan domba yang dimiliki oleh Bapak Onang sebanyak 9 ekor domba dari total 11 Domba dan 3 Domba telah dijual saat bulan haji/Qurban, hasil penjualan dinikmati oleh Bapak Onang selaku Penerima Manfaat dari program tersebut.

RZ juga tidak luput memperhatikan para ibu rumah tangga disana untuk diberdayakan. Melalui program Bantuan Wirausaha RZ, ibu-ibu mulai membuat cemilan sistik berbahan dasar sayuran atau ubi-ubian yang ditanam oleh warga. Selain itu juga ada kelompok ibu-ibu yang membuat “Plered” yaitu makanan ringan sejenis kerupuk.

Seluruh program pemberdayaan RZ dapat terlaksana dengan baik oleh seorang ICD Fasilitator. Adalah Saepudin, seorang Relawan Inspirasi yang sangat bersemangat dalam memberdayakan warga di ICD Mekarwangi.

Melalui tangan dingin dan keramahaannya, Saepudin memberdayakan desa ini. Bapak Saepudin yang biasa di panggil Ustadz Aep telah lama membina hubungan dekat dengan warga di Desa Mekarwangi ini melalui pengajian yang rutin diadakan.

Jarak yang cukup jauh di setiap mesjid Desa Mekarwangi, tidak menurunkan semangat Ustadz Aep dalam memberikan tausyiah pengajian. Seusai pengajian Ustadz Aep memberikan pembinaan dan sharing program yang telah di laksanakan bersama warga desa. Kegigihan Ustadz Aep dalam mengoptimalkan potensi yang ada baik sumber daya alam dan potensi warga di Desa Mekarwangi mendapatkan hasil yang cukup memuaskan.

“Telah banyak program pemberdayaan yang dijalankan oleh Relawan Inspirasi RZ yaitu Ustadz Aep, tentunya pemberdayaan yang dilaksanakan oleh Ustadz Aep tidak akan terhenti sampai saat ini, masih banyak program-program yang Ustadz Aep rencanakan untuk di laksanakan di Desa Mekarwangi. Program-program tersebut tentunya membutuhkan dukungan dari para Donatur RZ yang dengan sukarela mengembangkan Desa Mekarwangi,” papar Yadi Mulyadi, Community Relations RZ.***

Newsroom/Diki Taufik
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi