BUDIDAYA IKAN LELE DI WILAYAH ICD SEBERANG ULU

PALEMBANG. Wilayah Integrated Community Development (ICD) Seberang Ulu juga tidak mau ketinggalan dari ICD lainnya. Budidaya ikan, pasti tidak asing lagi di dunia pemberdayaan mustahik khususnya pengembangan potensi lokal. Ikan tidak hanya untuk konsumsi semata, dengan budidaya ikan bisa menjadi bisnis yang menjanjikan.

Untuk saat ini ikan yang ada lele dan nila, namun nila masih sedikit. Ikan lele lebih diutamakan, karena selain usaha budidaya lele ini sangat menguntungkan, juga ikan lele lebih cepat besar dibandingkan ikan air tawar lainnya. Hanya dalam waktu tiga bulan, ikan lele sudah dapat dipasarkan. Pasarnya tidak pernah sepi dan harganyapun stabil.

Ikan lele merupakan jenis ikan air tawar yang dapat dibudidayakan. Alasan orang membudidayakan lele seperti disebut diatas, bahwa ikan lele dapat dibudidayakan di lahan dan sumber air yang terbatas. Cara lebih mudah, pemasarannya relatif mudah dan modal dapat dijangkau. Budidaya lele semakin meningkat setelah masuk jenis lele dumbo. Keunggulan lele dumbo dibanding lele lokal antara lain cepat besar, telur lebih banyak dan lebih tahan terhadap penyakit. ***

Newsroom/Yusmiawati
Palembang

Tags :
Konfirmasi Donasi