BUMMAS BERDAYA SIAP BERDAYAKAN MASYARAKAT CIPONDOK DENGAN BUDIDAYA MARKISA MERAH

KUNINGAN. (19/08) BUMMAS BERDAYA merupakan kepanjangan Badan Usaha Milik Masyarakat Berdaya berada di Desa Berdaya Cipondok Kec. Cibingbin. Kab.Kuningan. Awal mula nya merupakan Kelompok Usaha Bersama (KUBE), yang diinisiasi untuk membantu permodalan UKM dan Simpan Pinjam dengan prinsip Bunga 0% , dan tanpa biaya administrasi, pertama dibentuk hanya beranggotakan lima UKM namun dalam perkembangan ada 15 UKM yang dibina, tak menutup kemungkinan akan terus bertambah.

“Keberadaan Bummas Berdaya ini bertujuan untuk mensuport perkembangan Ekonomi Masyarakat Desa Berdaya, yang Insyaalloh kedepannya jadi Desa Bebas Riba,” ujar Fasilitator Desa Berdaya, Mayasyaroh.

Peresmian Bummas Berdaya dari Pemdes Ciopondok, yang di wakilkan kepada Kasi Ekbang Cipondok, Bapak Mustofa dalam sambutannya menegaskan “Kami dari Pemdes Cipondok sangat berterimakasih kepada Rumah Zakat, dengan program pemberdayaannya, semoga dengan Bummas Berdaya ini semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Cipondok.” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kampus UNISA Kuningan memberikan bibit Markisa Merah kepada Bummas Berdaya, yang secara Simbolis terima oleh Kasi Ekbang Cipondok.

“Dalam Rangka merealisasikan Tri Darma Perguruan Tinggi, UNISA Kuningan di program Pengabdian Masyarakat, bagaimana caranya agar masyarakat mendapat penghasilan dengan membudidayakan markisa merah, kami menggandeng Bummas Berdaya yang tentunya perlu dukungan penuh dari pemdes Cipondok juga.” ujar, Rektor UNISA, Nurul Iman.

Markisa Merah dipilih untuk menjadi produk Syrop, karena mudah di budi dayakan dan berusia panjang.

“Saya sangat beruntung bergabung di Bummas Berdaya, yang selalu mementingkan bagaimana kekuatan ekonomi masyarakat meningkat., terimakasih Rumah Zakat.” Nuryanti (32th) Pedagang Keliling produk Bummas Berdaya.

Kekuatan ekonomi negara kita bisa dimulai dengan kekuatan ekonomi dari desa.

Newsroom
Nurul Ulfa / Lailatul istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi