[:ID]CARA AGAR TIDAK TERTULAR VIRUS CORONA[:]

[:ID]BANDUNG, Rumah Zakat – Perkembangan virus corona di Indonesia terus berlanjut, bahkan pemerintah sudah memberikan instruksi agar semua aktivitas dikurangi. Seperti diliburkannya kegiatan sekolah, dan penerapan Work From Home bagi karyawan perusahaan.

Dikutip dari Republika.co.id, di Indonesia kasus corona sudah mencapai 134 kasus. Mungkin kasusnya akan terus bertambah jika tidak dilakukan langkah pencegahan sejak dini.

Perlu diketahui, corona adalah salah satu virus yang menyerang sistem pernafasan. Akibatnya, seseorang yang terkena virus ini akan mengalami gangguan pada sistem pernafasan, seperti pneumonia hingga menyebabkan kematian.

Wakil Direktur Medik dan Keperawatan RS Islam Banjarmasin, dr H Meldy Muzada Elfa SpPD, mengatakan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk pencegah penularan virus ini.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat sebagai bentuk antisiipasi agar tidak tertular corona, diantaranya:

  1. Sering mencuci tangan, karena dengan mencuci tangan dengan sabun karena kuman atau virus akan mudah tersapu oleh air. Hal itu dilakukan apabila tidak ada alkohol atau hand sanitizer.
  2. Mengurangi pertemuan dengan orang lain untuk sementara waktu. Hal ini dilakukan dalam rangka meminimalisir kontak fisik yang bisa dilakukan.
  3. Hindari keramain. Sebisa mungkin, masyarakat agar menghindari yang namanya kerumuman. Karena semakin banyak orang berkumpul, tingkat penyebaran virus ini akan semakin luas.
  4. Jangan menyentuh beberapa area sensitif di wajah, seperti hidung, dan mulut sembarangan. Cucilah tangan sebelum menyentuh beberapa area tersebut. Dikhawatirkan, jika tidak mencuci tangan, virus akan masuk dan menempel di area-area tersebut.
  5. Selalu menjaga kebersihan. Hal ini sangat penting, karena kebersihan adalah hal utama yang harus diperhatikan. Selalu waspada dengan lingkungan sekitar, dan tidak sembarangan memegang atau menyentuh area publik. Karena bisa jadi, itu adalah area yang rentan dan sangat sering disentuh oleh publik.

Jadi, tetap waspada terhadap lingkungan sekitar. Tidak perlu panik dan cemas secara berlebihan. Yang terpenting adalah jagalah kesehatan dan kebersihan.

Semoga bermnfaat…[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia