CARA KERJA OTAK PRIA DAN WANITA BERBEDA

otak-manusia-_120818124942-415Para ilmuwan di Universitas Pennsylvania menemukan adanya perbedaan pada cara kerja otak pria dan wanita. Mereka juga mendapati bahwa otak keduanya bekerja saling melengkapi satu sama lainnya.

Setelah para peneliti memindai otak 1.000 pria, wanita, anak laki-laki, dan anak perempuan saat melakukan tugas-tugas tertentu, mereka menemukan bahwa otak pria cenderung bekerja dari depan ke belakang.

“Sementara otak wanita justru bekerja dari kiri ke kanan,” tulis laporan yang dilansir World Bulletin, Selasa (3/12).

Mengomentari temuan tersebut, para peneliti mengatakan, hal ini mungkin bisa menjelaskan mengapa wanita lebih terampil dalam pekerjaan-pekerjaan yang bersifat multi-tasking. Sedangkan, kaum pria umumnya lebih baik berfokus pada satu tugas tertentu saja.

Tes-tes lainnya menunjukkan, wanita memiliki kemampuan lebih baik dalam mengingat kata dan wajah, juga kognisi sosial. Di sisi lain, laki-laki justru lebih baik dalam hal kecepatan pengolahan spasial (semua yang berhubungan dengan ruang maupun benda-benda tiga dimensi) dan sensori-motor.

“Hasil penelitian juga menunjukkan, otak pria dan wanita saling melengkapi kekurangan lawan jenisnya,” tutup laporan tersebut.

 

Sumber : republika.co.id

 

Tags :
Konfirmasi Donasi