CEGAH KAKI DIABETIK DENGAN MELAKUKAN SENAM KAKI DIABETIK

1505 CEGAH KAKI DIABETIK DENGAN MELAKUKAN SENAM KAKI DIABETIKMAKASSAR. Jumat (12/05) Mengingat angka kejadian penyakit diabetes yang meningkat dan resiko terjadinya luka diabetik juga semakin besar, untuk itu Rumah Zakat dan mitra rumah zakat dibidang kesehatan, Cita Sehat Foundation bersinergi dengan Griya Afiat Wound Care and Home Care mengadakan kelas edukasi diabetes di Desa Berdaya Tamalanrea, Kampung Parang.

Kelas edukasi yang dilakukan diisi oleh materi cegah kaki diabetik dengan senam kaki diabetik yang dibawakan oleh Saldy Yusuf, S.Kep, Ns, M.Sc, WOC (ETN) selaku pendiri Griya Afiat Wound Care and Home Care.

Senam kaki diabetik ini merupakan kegiatan atau latihan yang dilakukan oleh pasien diabetes melitus untuk mencegah terjadnya luka kaki diabetik dan memperlancar peredaran darah pada bagian kaki.

Alasan dilakukan senam kaki diabetik ini adalah karena sirkulasi darah pada pasien diabetes yang semakin menurun, terjadi gangguan saraf pada kedua kaki, kurangnya daya tahan tubuh terhadap infeksi sehingga sangat dianjurkan pada pasien diabetes untuk melakukan senam kaki diabetik ini.

Sebanyak 26 warga yang beresiko diabetes pun sangat antusias untuk melakukan senam kaki diabetik ini, dan mereka berinisiatif untuk melakukan kembali dirumah. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pemeriksaan tekanan darah dan gula darah.

“Alhamdulillah, rasanya setelah melakukan senam kaki diabetes ini kaki saya jadi lebih nyaman, padahal kemarin-kemarin agak keram. InsyaAllah saya mau rutin senam kaki diabetik dirumah. Ujar Bu Hastuti (41) salah satu warga yang beresiko diabetes.

Newsroom/Nurul Rahayu
Makassar

Tags :
Konfirmasi Donasi