CEGAH OSTEOPOROSIS, INILAH CARANYA

 ”Pencegahan terbaik adalah yang dilakukan sedini mungkin,” tegas dokter Siti Annisa Nuhonni SpRM K. Pencegahan osteoporosis terbaik adalah sejak dari kandungan ibu. Seorang ibu harus cukup kalsium sebagai bahan bangunan untuk membentuk tulang.

Tapi jika seorang bayi sudah dilahirkan dan disusui, ibunya pun harus banyak makan kalsium, karena dia harus bagi untuk dirinya dan bayinya melalui ASI. Namun jika Anda tidak melakukan pencegahan osteoporosis sejak dini, bukan berarti tidak ada harapan lagi. Annisa memberikan tips yang pastinya akan sangat membantu. Jika dilaksanakan dengan konsisten, tips di bawah ini pasti akan membantu pencegahan osteoporosis. 

 

* Kalsium 

Cukupi asupan kalsium, yang merupakan bahan bangunan tulang. Kalsium bisa diperoleh dari susu. Jika tidak menyukai susu, bisa mengonsumsi susu dari bahan kemasan lain seperti yoghurt, keju, atau es krim yang mengandung susu. Banyak remaja tidak menyukai susu karena khawatir gemuk. Asupan kalsium bisa juga diperoleh dari kalsium berbentuk tablet. Beberapa orang menjadi sakit perut karena minum susu. Sebenarnya yang ditolak bukan kalsium tapi proteinnya. Jadi lebih baik perkecil dosis atau encerkan susu. Perlu juga diingat, protein yang keluar dari dalam tubuh akan menggandeng kalsium. 

* Hidup aktif 

Yang dimaksud aktif adalah bergerak. Bergerak tidak selalu harus mengikuti senam. Tapi juga bisa berupa jalan kaki atau melakukan permainan-permainan yang aktif. Permainan seperti galah asin, engklek, dan lompat tali sebenarnya sangat bagus karena merupakan stimulan. 

* Obat steroid 

Hindari obat-obatan yang mempengaruhi terjadinya osteoporosis seperti obat-obatan steroid maupun obat untuk asma. Kalau Anda harus mengonsumsi obat itu, konsultasilah terlebih dahulu dengan dokter. Konsumsi obat-obatan steroid terlalu banyak akan mengakibatkan pengeroposan tulang. Biasanya dokter memang mempertimbangkan kemungkinan ini. Tapi langkah terbaik tentu dengan mencegah munculnya osteoporosis. 

* Sinar matahari 

Berjemur di bawah sinar matahari penting sekali. Sinar matahari dengan ultravioletnya, akan mengubah provitamin D di bawah kulit menjadi provitamin D3 yang sangat penting untuk metabolisme kalsium. 

* Kebiasaan buruk 

Hindari kebiasaan buruk seperti mengonsumsi alkohol, merokok, dan minum minuman bersoda. Remaja banyak yang mengonsumsi minuman bersoda. Sebaiknya kurangi minuman bersoda karena akan mempengaruhi asupan kalsium.

 

Sumber: www.republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia