CENDOL PAK MURI, IKON KULINER DI SELOKARTO

CENDOL PAK MURI, IKON KULINER DI SELOKARTOSELOKARTO. Datanglah ke kampung kreatif Selokarto, Kecamatan Pecalungan tepatnya di tengah-tengah Kabupaten Batang. Panorama alam yang menyejukan mata, berbukit nan indah, bentangan sawah ladang nan hijau.

Apalagi yang menarik dari kampung kreatif Selokarto adalah kreatifitasnya, banyak keunikan produk hand made dan kulinernya. Disana terdapat onde-onde ketawa (jelas bukan onde-bias), ada pak saping (opak rasa emping), samiek abang ijo opak khas lebaran, genthe (ampas singkong olahan tangan terampil dengan cita rasa khas). Dan masih banyak lagi.

Adapun Pak Muri adalah salah satu tokoh kuliner di Selokarto, dengan ikonnya “Cendol Pak Muri”. Cendol karya beliau tidak seperti cendol pada umumnya, rasanya unik dengan cita rasa khas perpaduan gula jawa, harum pandan, tepung beras pilihan alami, asli legit tapi tidak kenyal dan pecah di mulut. Berasa sampai ke hati.

Belum afdhol jika ke Selokarto belum mencoba “Cendol Pak Muri” dan perjuangan dengan medan yang cukup menantang pun akan terbayar.

“Saya sudah 10 tahun jual cendol ini dan alhamdulillah yang beli selalu kembali lagi untuk beli lagi dan banyak yang sengaja datang ke Selokarto hanya untuk beli cendol saya ini.” kata Pak Muri.

“Awalnya dulu hanya suka membuat cendol untuk sendiri tapi banyak yang menyarankan untuk dijual saja, cendol bapak rasanya enak.” kenang beliau

“Alhamdulillah sekarang saya bisa mangkal satu lagi di depan BRI, saya sangat berterima kasih kepada Relawan Inpirasi RZ yang telah membantu saya untuk membuka cabang jualan di satu lokasi lagi.” Nampak wajah ceria dan haru dari raut wajah ikhlas Pak Muri.

“Kendalanya adalah selama ini cendolnya hanya bertahan satu hari, jadi untuk dibawa pulang dalam waktu yang lama belum bisa, karena memang cendol saya murni tanpa pengawet. Mudah-mudahan jika ada bantuan ilmu maupun peralatan dari RZ cendol saya bisa semakin bagus. ” sambung Pak Muri.

 

 

Newsroom/Wanda Yulianto
Selokarto

Tags :
Konfirmasi Donasi