CITA SEHAT FOUNDATION DAN OKP KEMBALI GELAR MEDICAL CHECK UP DI BIREUN ACEH

CITA SEHAT FOUNDATION DAN OKP KEMBALI GELAR MEDICAL CHECK UP DI BIREUN ACEHBIREUN. Orphan Kafalah Program (OKP) dan Cita Sehat Foundation (CSF) RZ Aceh adakan Medical Chek Up (MCU) untuk anak-anak Juara dan walinya di Bireun, Aceh. Acara tersebut dihadiri lebih dari 50 orang anak yatim dan walinya, Minggu (27/03).

Adapun program yang dilaksanakan pada hari itu yaitu cek kesehatan gratis untuk wali dan cek kesehatan gigi dan mulut untuk anak-anak Juara RZ Aceh kerja sama dengan Aliansi OKI. Kegiatan terlaksana atas kerja sama antara RZ dan CSF yang belangsung di kantor camat Jangka, Bireun, mulai dari pukul 15.00 sampai selesai.

Dokter yang dihadirkan oleh panitia terdiri dari 3 orang, dua dokter umum dan satu dokter gigi, serta 1 orang apoteker yang mengurus segala hal tentang obat-obatan.

“Kegiatan Medical Check Up atau pemeriksaan kesehatan ini merupakan hak anak yatim yang termasuk dalam program Kafala Yatim. Program ini kerjasama antara RZ dan Aliansi OKI. Dengan adanya kegiatan ini kita tahu tentang kesehatan anak-anak secara umum.” Ujar Muharrahman selaku Koordinator Project RZ Aceh.

Esy Daktari Nanda sebagai salah satu dokter yang bekerja kemarin mengatakan acara tersebut sangat bagus dan menyenangkan karena acara itu berinteraksi dengan anak-anak.

“Alhamdulillah rata-rata gizi anak-anak di sini lumayan baik. Dan semoga kegiatan seperti ini rutin di adakan pertiga bulan sekali gitu. Agar kita dapat mengecek sejauh mana gizi atau kesehatan anak-anak.” Ujar Esy di sela kesibukannya.

Dia menambahkan, “alangkah baiknya jika cek kesehatan ini tidak hanya bepokus kepada anak yatim saja, tetapi untuk wali juga kita lebih fokuskan seperti seharusnya kita bawa alat cek gula, kolestrol, atau alat cek asam urat. Selebihnya udah bagus.”

Yasir Arafat, sebagai Koordinator CSF mengatakan acara tersebut berjalan sukses dan anak-anak yang hadir kurang dari target, tetapi antusias dari mereka dan walinya sangat luar biasa.

“Semoga kedepan kita bisa menghadirkan anak-anak dan walinya lebih banyak lagi dari ini. Agar anak-anak dan wali RZ dan OKI dapat tersentuh pelayanan kesehatannya.” Harapan Yasir seusai acara berlangsung.

Tidak hanya cek kesehatan saja yang diadakan di hari tersebut, tetapi Pemberian Makanan Tambahan (PMT) juga dilangsungkan setelah pemeriksaan kesehatan. Kepada anak-anak yang telah selesai diperiksa, maka akan diberi PMT tersebut.***

Newsroom/Ricky Syahrani
Bireun

Tags :
Konfirmasi Donasi