DAYA TARIK MEDIA DALAM PEMBELAJARAN

JAKARTA. (28/7) Kegiatan belajar mengajar (KBM) di SD Juara Jakarta Timur, binaan Rumah Zakat pada hari ini melibatkan keaktifan siswa. Guru menyiapkan media dan siswa interaktif menggunakan media tersebut dengan baik.

“Penggunaan media dalam belajar bertujuan untuk keterlibatan siswa secara aktif, fokus, dan dapat mempraktikkan langsung dari media tersebut, misalnya dalam pembelajaran PAI agar siswa mengetahui adab tidur dari layar, infokus digunakan sebagai media, dari media tersebut siswa menjadi fokus melihat tulisan, dan tertarik membaca dari bentuk slide yang indah” Ungkap guru kelas 1 , Iin Nurfaindah

Tak beda dengan guru kelas 1, guru kelas 3, Yanti, menggunakan kacang ijo, kapas, gelas plastik, dan air sebagai media mengetahui perkembangbiakan toge dalam pelajaran IPA. Siswa langsung mempraktikkannya dengan baik sesuai arahan guru.

Gambar baju adat dengan tema keberagaman suku bangsa, adalah media pembelajaran dari Abu Hanifah, selaku guru kelas 4. Selain itu siswa kelas 4 diminta untuk keluar sekolah, untuk mewawancarai warga terdekat mengenai asal suku mereka. “Seneng belajar ada gambarnya bu, dan juga tanya-tanya ke warga, jadi tau tentang keberagaman suku bangsa, ” tutur siswa kelas 4, Miranda.

Media pembelajaran merupakan daya tarik bagi siswa, karena bisa membuat siswa berlomba-lomba untuk menciptakan suatu hal yang menarik, dan dapat membuat siswa interaktif dalam kegiatan pembelajarannya.

Lailatul Istikhomah

Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi