DEMPLOT RINTISAN POSDAYA DAN KEBUN GIZI SEKAR LANGIT DI DESA BERDAYA KARANGAN

KARANGAN. Setelah menunggu dua bulan lamanya, akhirnya tim Posdaya dan Kebun Gizi dapat menyelasikan Demplot yang akan menjadi pusat kegiatan percontohan bagi petani. Program ini merupakan hasil dari program senyum lestari Rumah Zakat.

Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

Kader penggerak dari Posdaya dan Kebun Gizi juga mulai melakukan kegiatan pengisian polybag, Jumat, (02/06). Setiap rumah binaan memiliki 10-20 polibag sayuran terbatas seperti sayuran cabe, terong dan okra.

Selain sebagai pusat pembenihan dan budidaya, demplot ini akan menjadi pusat kegiatan anggota untuk kemandirian pangan di sektor kebutuhan rutin seperti sayur di setiap rumah tangga, selain yang sudah ada di setiap pekarangan rumah anggota.

Sambutan dari masyarakat sungguh luar biasa, mereka dengan sukarela dan senang bergabung menjadi anggota posdaya dengan menanam sayur yang diberikan oleh Rumah Zakat dari Demplot Posdaya dan Kebun Gizi yang baru saja di rintis.

“Saya sangat senang dan mau untuk ikut dalam program ini, dengan adanya demplot ini bisa menjadi percontohan bagi kami untuk menanam sayuran,” ujar salah satu masyarakat desa Karangan.

Newsroom/Kuna
Karangan

Tags :
Konfirmasi Donasi