DESA BERDAYA SAPURAN GELAR POSYANDU LANSIA DI TINGKAT RT

SAPURAN. Kamis (6/12). Fasilitator Desa Berdaya Sapuran, Ita Dwi bersama ibu-ibu PKK RT02/RW12 Kampung Lempongsari Sapuran untuk pertama kalinya mengadakan Posyandu Lansia di tingkat RT. Kegiatan ini hanya diikuti oleh ibu-ibu PKK RT02 saja.

Awalnya kelurahan Sapuran hanya memiliki 3 Posyandu Lansia, yaitu di kampung Kauman, kampung Sudagaran, dan kampung Sidodadi. Tapi menurut bidan desa, Bu Yayuk, selaku bidan yang mendampingi kegiatan ini merasa bahwa kegiatan Posyandu Lansia di ketiga Posyandu tersebut tidak berjalan dengan baik.

“Terkadang hanya beberapa saja yang datang, mengingat wilayah kelurahan sapuran yang memang begitu luas, yaitu terdiri dari 13 RW.” Jelas Bu Yayuk.

Oleh sebab itu di pertemuan kader PKK kelurahan pada tanggal 2 Desember kemarin, Bu Yayuk memberi solusi untuk melakukan Posyandu Lansia di masing-masing RT. Hal ini untuk mengoptimalkan jumlah peserta yang hadir dan bisa dilaksanakan pada waktu kegiatan rutin PKK per RT di setiap bulannya.

Beruntung kampung Lempongsari ada kader Posyandu yang memiliki alat tensi darah, jadi dapat dipinjam untuk melakukan pengecekan. Tentu kegiatan ini baru mencakup ibu-ibu yang ikut PKK saja, sedangkan bapak-bapak belum tercakup.

Harapan para petugas dengan diadakannya Posyandu Lansia di setiap RT adalah lebih banyak warga yang bisa terpantau kesehatannya oleh para petugas. Meskipun saat ini baru dapat dilakukan pengecekan berat badan, tensi darah hingga lingkar pinggang, dikarenakan keterbatasan alat yang memang belum lengkap, namun tidak mengurangi antusiasme warga RT02 RW 02 untuk senantiasa melakukan pemeriksaan tiap bulannya.

Newsroom

Asih Sholihah/Abdullah Tsabit

Tags :
Konfirmasi Donasi