DESA MEKARAJAYA BERTRANSFORMASI MENJADI DESA BERDAYA

PANDEGLANG. Desa Mekarjaya Kecamatan Mekarjaya ditetapkan menjadi salah satu Desa Berdaya ZIS Indosat kerjasama dengan Rumah Zakat. Kedepannya, Desa Mekarjaya yang tergolong masih terhambat aksesibilitas informasi dan infrastuktur mampu menjadi desa yang berkembang di semua bidang dengan dukungan koneksitas internet.

Launching Desa Berdaya ini dilakukan pada Sabtu (19/8) di kantor desa setempat. Dalam acara tersebut turut hadir Wahid Efendi selaku Direktur ZIS Indosat, Nur Efendi selaku Chief Executive Officer Rumah Zakat, Ali Nurhasan selaku Branch Manager Rumah Zakat Cilegon, Mahmud Ali selaku Sekretaris DPMPD, Teguh Imanto selaku Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa DPMPD, Aan Suwandi selaku Camat Mekarjaya, PLT Kades Mekarjaya, dan ratusan warga setempat.

Ketua ZIS Indosat menyatakan, ada empat bidang yang menjadi target pemberdayaan masyarakat desa yakni pemberdayaan ekonomi, lingkungan, pendidikan, dan kesehatan. Untuk memaksimalkan program ini pihaknya dan Rumah Zakat membentuk relawan inspirasi yang tugasnya mempromosikan produk unggulan desa. “Kami juga akan sediakan digital corner.” Tambahnya.

“Fungsinya untuk menyebarluaskan informasi ke seluruh dunia. Kemudia ada layanannya aksara maya dalam aplikasi i-Pandeglang. Kami sudah punya contoh sukses di Kulonprogo dan keberhasilan ini kita harapkan terjadi di Desa Merkarjaya,” harapnya.

Camat Mekarjaya Aan Suwandi menyambut baik dengan ditetapkannya Desa Mekarjaya sebagai Desa Berdaya. “Ini sesuai dengan cita-cita pemekaran Mekarjaya yaitu adanya kejayaan. Mudah-mudahan ini menjadi tonggak pencapaian keberhasilan itu semua,” kata camat.

Sekretaris DPMPD Mahmud Ali menyatakan, desa memang harus terus didorong untuk maju karena masing-masing punya kekhasan yang punya nilai jual. “Dengan adanya fasilitas internet dan program pemberdayaan dari pihak swasta kami optimis Desa Mekarjaya akan maju. Program ini juga diharapkan menyebar ke desa-desa lainnya di Pandeglang,” katanya.

Nur Efendi, Chief Executive Officer Rumah Zakat mengatakan, salah satu komitmen Rumah Zakat untuk berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan di Indonesia direalisasikan melalui program Desa Berdaya. “Desa Berdaya merupakan sebuah pendekatan komprehensif agar masyarakat di sebuah desa bisa menanggulangi permasalahan sekaligus memperbaiki akses maupun layanan di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan,” papar Nur Efendi.

Tahun 2017, Rumah Zakat memiliki target untuk memberdayakan 1.080 desa. “Hingga pertengahan tahun ini, Rumah Zakat telah membina 977 Desa Berdaya. Kami menilai kolaborasi dengan berbagai pihak sangat penting, agar semakin banyak Desa Berdaya bisa segera terwujud,” terang Nur Efendi.

 

Sumber: http://bantenraya.com/banten-raya/pandeglang/25795-desa-mekarjaya-ditetapkan-jadi-desa-berdaya

 

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi