DI HARI KE 13 RELAWAN RUMAH ZAKAT SIAP SIAGA DI LOKASI TENGGELAMNYA KAPAL SINAR BANGUN

TOBA SAMOSIR. Proses pencarian korban Tenggelamnya kapal Sinar Bangun pada (18/06) di Danau Toba memasuki hari ke 13. Sabtu (30/06) Tim SAR dan Relawan Rumah Zakat terus melakukan upaya evakuasi penumpang yag belum di temukan, mendata jumlah korban dari keluarga yang merasa kehilangan.

“Korban tenggelam – diduga lebih dari 100 an orang. tidak adanya manifest penumpang menyulitkan pendataan ,” ujar relawan Rumah Zakat, Agam Suryananta.

Hingga sabtu (30/06) tercatat 21 orang selamat dan sudah di evakuasi, 3 org meninggal dunia. Proses evakuasi akan dilanjutkan selama 10 hari selanjutnya. Sementara itu di lokasi kejadian posko SAR utama sudah didirikan, adapun team SAR gabungan bagi menjadi 4, -team sisir permukaan menyisir sepanjang bibir pantai 10-20 KM.
-team sisir pinggiran danau via darat. team pencari posisi kapal dengan alat pendeteksi, team sisir permukaan via udara.-seluruh unsur yang memiliki perahu karet di kerahkan menyusuri danau sejauh 10-20 KM.

“Kami beranggotakan 15 orang relawan Rumah Zakat sudah bertugas sejak hari pertama kejadian sejauh ini kami membantu Tagana Ikut proses pencarian di permukaan danau Toba, menyediakan kebutuhan Logistik para relawan di Lokasi, dan Mensiagakan 1 unit ambulan beserta driver untuk evakuasi korban darurat” Ujar Agam.

Agam menambahkan, alat selam portable yang mampu menjangkau hingga 2000 M yang baru saja datang memudahkan para relawan untuk mengevakuasi bangkai kapal yang tenggelam. Saat ini kebutuhan yang diperlukan oleh tim evakuasi adalah tenda darurat, dan logistik.

“Kami sudah melakukan Doa bersama untuk meminta kelancaran evakuasi para korban, semoga prosesnya berjalan dengan dengan lancar” ujar Agam.

Newsroom
Izzatul Yazid / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi