DISTRIBUSI BANTUAN UNTUK PENGUNGSI SURIAH DI REYHANLI, TURKI

distribusi-bantuan-untuk-pengungsi-suriah-di-reyhanli-turkirzTURKI. (28/12) RZ kembali melanjutkan misi kemanusiaan untuk pengungsi Suriah. Hari Selasa (27/12) kemarin, Relawan RZ mengunjungi camp pengungsi di Reyhanli, Turki.

“Camp Reyhanli ini menjadi tujuan awal para pengungsi yang memasuki Turki karena wilayahnya berbatasan langsung dengan Suriah. Ratusan pengungsi baru saja memasuki wilayah Reyhanli saat kami tiba di sini,” ungkap Herlan Wilandariansyah, Koordinator Tim Kemanusiaan RZ di Suriah.

Kondisi camp pengungsi di Reyhanli memang tidak lebih sekondusif di Kilis, Provinsi Gaziantep. Di Reyhanli, tenda-tenda pengungsi masih seadanya. “Ini karena banyaknya pengungsi yang baru datang sehingga belum semuanya terkondisikan dengan baik,” ujar Herlan.

Di camp pengungsi Reyhanli, RZ mendistribusikan 500 paket makanan, 500 paket perlengkapan bayi dan 500 paket pakaian hangat untuk anak-anak.

“Untuk pakaian, kami fokus memberikan pakaian hangat mengingat saat ini sedang musim dingin. Kami amati anak-anak pengungsi yang baru datang dari Suriah tidak memakai baju hangat. Padahal, suhu disini mencapai 2 derajat, ini dingin sekali,” tutur Herlan.

Berdasarkan tinjauan tim di lapangan, muncul beberapa program jangka panjang yang mungkin dilakukan untuk para pengungsi Suriah. Harapannya berbagai program bisa diimplementasikan dalam waktu dekat, dengan orientasi untuk memberikan para pengungsi ini kondisi hidup yang layak.

Newsroom/ Ria Arianti
Turki

Tags :
Konfirmasi Donasi