DOMBA GARUT DAN TIM TATALU SD JUARA SAMBUT PERAYAAN IDUL ADHA

BANDUNG. Sesuai dengan rencana, semarak aksi happening art Rumah Zakat di area Car Free Day Dago semakin mengundang perhatian masyarakat. Bagaimana tidak, suara nyaring tabuhan Tim Tatalu SD Juara Bandung bergema di area Car Free Day, Ahad (14/11). Tidak kurang dari 30 siswa SD Juara dengan membawa ember dan tong sampah sebagai alat musik mereka. Sejak pagi mereka menghangatkan suasana CFD. Sama seperti pekan sebelumnya (7/11) dalam happening art kali ini Rumah Zakat selain mengajak masyarakat untuk berempati kepada korban bencana, juga menyambut datangnya Idul Adha 1431 H.

Menjelang hari raya Idul Adha, domba Garut pun diikutsertakan dalam karnaval yang diiringi grup musik Reog ibu-ibu Komunitas Kesenian Sunda. Biasanya orang-orang membawa anjing peliharaan ke Car Free Day. Ketidaklaziman Rumah Zakat membawa domba ke area ini membuat happening art ini semakin menarik. Domba sengaja dibawa sebagai symbol untuk mengingatkan masyarakat dalam berkurban.

Setelah berkeliling menyusuri area Car Free Day, Tim Tatalu dan Grup Reog menggelar pentas seni di depan halaman kantor Rumah Zakat Cabang Dago. Tidak sedikit komuntas yang sama dari kalangan mahasiswa ikut serta dalam pentas ini. Ini mengundang perhatian masyarakat untuk berkumpul dan menyaksikan penampilan musik tatalu dan kesenian Sunda ini. Kegiatan seperti ini akan terus dilakukan oleh Tim Tatalu Siswa SD Juara, setidaknya satu bulan sekali. Tito Suhendar, kepala SD Juara menuturkan tujuannya membangun mental siswa agar terbiasa beraksi di hadapan khalayak. “Kami akan merutinkan kegiatan seperti ini, harapannya bisa menambah pengalaman bagi Tim Tatalu,” ujar Tito.

Sementara itu hal yang sama juga dilakukan Rumah Zakat Cabang Cimahi. Happening art dilaksanakan di pusat kota, Sabtu (13/11). Meskipun di Kota Cimahi tidak ada rambu lalu lintas happening art tetap dilaksanakan dengan memanfaatkan kemacetan diseputaran alun-alun kota. Selama kurang lebih tiga jam tim Rumah Zakat membagikan leaflet kepada para pengguna jalan. Menurut kepala cabang Cimahi, Yudi Yudhistira “setidaknya kegiatan ini bisa mengingatkan masyarakat akan datangnya hari Idul Adha 1431 H”.***

Newsroom/Yudi Juliana
Regional JABAR

Tags :
Konfirmasi Donasi