EDUKASI KEWIRAUSAHAAN: PROSPEK TERNAK KELINCI DI MASA DEPAN

BINJAI SERBANGAN. Pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat Binjai Serbangan kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan, provinsi Sumatra Utara terus dikembangkan. Target menjadikan Penerima Manfaat (PM) dari status mustahik menjadi muzakki adalah prioritas utama Fasilitator Desa Berdaya di tahun 2019 ini. Banyak hal yang bisa dilakukan dan salah satunya adalah memberikan pembekalan ekonomi melalui program Edukasi Kewirausahaan.

Dengan Visi menjadikan Binjai Serbangan Sentral Kelinci di Asahan, maka Edukasi Kewirausahaan yang digelar pada (19/03) lalu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para Penerima Manfaat tentang Kelinci yang ditinjau dari Keuntungan, Kemudahan Perawatan, hingga cara menanggulangi masalah-masalah yang terjadi seputar kelinci.

Hadir sebagai pemateri Bapak Ibrahim Basuki yang sudah berpengalaman dan memiliki Kapasitas ilmu tentang ternak kelinci tersebut.

Dalam Edukasi Kewirausahaan tersebut, Bapak Ibrahim memberikan gambaran prospek yang sangat menguntungkan bagi masyarakat yang mau beternak kelinci. Selain factor mudahnya menjaga dan merawatnya, kelinci juga menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Harganya di pasaran begitu tinggi dan masih jarang diternak oleh masyarakat.

“Kelinci di masa akan datang akan menjadi komoditi ternak yang menjanjikan. Bahkan jika kita bisa mengolahnya bukan sekedar menjual seperti kebanyakan sekarang ini, maka itu lebih menjanjikan”, kata Ibrahim menyemangati para PM.

Ibrahim menggambarkan peluang-peluang ternak kelinci yang bisa dijadikan kuliner di masyarakat, pengolahan urine nya yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, hingga pembuatan pakan kelinci yang dapat mendorong sector-sektor lain agar ikut berkembang.

“Jadi, target pak Thamrin (Relawan Inspirasi-Red) menjadikan Binjai Serbangan Sentral Kelinci di Asahan tahun 2020 itu bisa terealisasi. Karena itu terukur dan terencana” tambah Ibrahim.

Di Binjai Serbangan sendiri peternakan kelinci sudah mulai menjamur. Beberapa masyarakat sudah terbukti mendapatkan keuntungan dari sana. Termasuk para PM itu pun juga sudah ada yang beberapa orang beternak kelinci. Maka dengan adanya Edukasi Kewirausahaan dapat mendorong semangat para PM agar lebih serius beternak sehingga capaian target yang diberikan dapat terlaksana dengan baik.

Newsroom
Adi Dharma/Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi